KUD Karya Mukti binaan Astra Agro kembali raih predikat Terbaik Nasional 2019

id Astra Agro,sawit,koperasi teladan

KUD Karya Mukti binaan Astra Agro kembali raih predikat Terbaik Nasional 2019

Menteri Koperasi dan UMKM Puspayoga (tengah) bersama para penerima penghargaan bidang Koperasi 2019 (Antaranews Sulteng/Humas AAL)

Palu (ANTARA) - Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Mukti yang beroperasi di dusun Karya Harapan Mukti, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, kembali meraih gelar sebagai koperasi terbaik nasional 2019 untuk kategori pemasaran. 

Penghargaan diberikan dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-72 oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspoyoga pada Kamis (11/7).

Koperasi yang berbasis komoditas kelapa sawit ini sebelumnya telah menerima penghargaan serupa pada 2013 dan 2016. 

Saat ini KUD Karya Mukti telah memiliki 18 unit usaha. Dalam menjalankan bisnisnya, KUD Karya Mukti bermitra dengan PT Sari Aditya Loka 2 dan 3 (SAL) yang merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk. Kemitraan ini dijalin sejak tahun 90-an hingga saat ini.

"Kami menjadi besar berkat program kemitraan. Kami menjalankan koperasi dengan modal saling percaya antara perusahaan, pengurus dan juga anggota koperasi. Tanpa kepercayaan, roda koperasi bisa hancur," kata Ketua KUD Karya Mukti Riswanto.

Pria yang telah mendapat penghargaan Bakti Koperasi dan UKM Tingkat Nasional pada tahun 2017 ini kembali mengenang kisah sukses KUD yang dibinanya. 

Ia menuturkan anggota KUD yang merupakan warga transmigrasi telah mencoba menggarap berbagai komoditas namun tidak membuahkan hasil yang diharapkan.

"Tahun 90-an datang PT SAL menawarkan kemitraan perkebunan kelapa sawit melalui program Perkebunan Inti Rakyat (PIR) untuk transmigrasi dan mulailah kami membangun ekonomi desa kami. Selain itu dibentuk juga Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA) yang menjadi modal para petani setempat (Anggota)," kata Riswanto.

Baca juga: Tofan Mahdi raih Spokespersons of the Year 2019 Award
Baca juga: Astra Agro kembali raih penghargaan CSR terbaik
Baca juga: Astra Agro Raih Indonesia Most Powerful Companies Award 2017


Untuk pengembangan, KUD Karya Mukti mempekerjakan 40 karyawan muda. Semua karyawan adalah anak-anak Desa Karya Harapan Mukti, tempat KUD Karya Mukti berdomisili. 

Pengembangan SDM menjadi fokus utama, kini KUD Karya Mukti menjadi tujuan karier bagi masyarakat Desa Karya Harapan Mukti.

"Anak-anak petani ini sekarang sudah pada sekolah di Jawa, bahkan ada yang lulusan S2. Kami ingin anak-anak muda ini menjadi kader agar koperasi ini terus berjalan," ujarnya.

Community Development Area Manager Jambi PT Astra Agro Lestari, Suharto menyatakan komitmen Astra Agro untuk terus membangun kemitraan dengan petani. Bahkan meningkatkan kemitraan kini menjadi program prioritas 2019 dari perusahaan. 

Riswanto juga menyampaikan bahwa kompetensi yang dimikili perusahaan juga berikan kepada petani binaan agar bisa berkembang bersama-sama.

Perusahaan juga terus mendukung pelaksanaan tata kelola perkebunan petani yang memegang prinsip keberlanjutan. Hal ini terbukti dengan telah diberikannya sertifikat ISPO bagi KUD Karya Mukti Tahun 2017 lalu. (Humas AAL)
Piagam penghargaan sebagai KUD terbaik nasional 2019 bidang pemasaran untuk KUD Karya Mukti (Antaranews Sulteng/Humas AAL)