Pemerintah ekspor 8,9 ribu ton hasil perikanan

id Ekspor raya,Kementerian Kelautan dan Perikanan,Susi Pudjiastuti

Pemerintah ekspor 8,9 ribu ton hasil perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (tengah), didampingi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi (Kanan), dan Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP, Rina (Kiri) saat menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam acara pelepasan ekspor raya hasil perikanan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat (19/7/2019). (ANTARAnews/ Abdu Faisal)

Ekspor ini dilakukan secara serentak di lima pelabuhan utama yaitu Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Belawan Medan, dan Soekarno Hatta Makassar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pelepasan ekspor 8,9 ribu ton hasil perikanan secara serentak di lima kota yang nilainya mencapai Rp588 miliar.

"Ekspor ini dilakukan secara serentak di lima pelabuhan utama yaitu Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Belawan Medan, dan Soekarno Hatta Makassar," ujar Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP Rina di Jakarta, Jumat.

Ekspor tersebut diikuti oleh 147 perusahaan perikanan binaan BKIPM yang berada di wilayah Medan, Jakarta, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Makassar menggunakan total 394 kontainer.

"Di Pelabuhan Tanjung Priok sendiri akan diikuti delapan perusahaan dengan menggunakan 252 kontainer dengan nilai devisa mencapai Rp466 miliar," ujar Rina.

Adapun hasil perikanan yang diekspor antara lain: nila, bayi gurita, udang, sotong, cumi-cumi, kakap serta tuna. Produk perikanan tersebut akan dikirim ke 21 negara, yaitu Amerika Serikat, Uni Eropa, China, Spanyol, Singapura, Sri Lanka, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Austria, Malaysia, PErancis, Puerto Riko, Italia, Belanda, Australia, Inggris, Denmark, dan Yunani.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut, tumbuhnya usaha perikanan di Indonesia ini merupakan dampak positif dari upaya pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing yang digalakkan pemerintah beberapa tahun belakangan.

Upaya itu dilakukan dengan penenggelaman 516 kapal pencuri ikan. Bahkan, di Semester I tahun 2019 saja, KKP telah berhasil menangkap 67 kapal pencuri ikan.

“Pemberantasan pemancingan IUU inilah yang telah memberikan dampak positif terhadap Stok Ikan Nasional," ujar Menteri Susi.

Susi menambahkan, berdasarkan hasil kajian Komisi Nasional Pengkajian Stok Ikan (Kajiskan), Maximum Sustainable Yield (MSY) perikanan Indonesia menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan yaitu dari 7,3 juta ton di tahun 2015 menjadi 12,54 juta ton pada tahun 2017, atau meningkat sebesar 71,78 persen.

Peningkatan stok ikan ini juga dibarengi kenaikan jumlah dan nilai produksi perikanan tangkap. Produksi perikanan tangkap meningkat dari 6,67 juta ton senilai Rp120,6 triliun pada 2015 menjadi 7,3 juta ton dengan nilai Rp210,7 triliun pada 2018. Dengan kata lain, terjadi peningkatan nilai produksi perikanan sebesar 74,7 persen.

Kenaikan produksi perikanan tangkap ini, berdampak terhadap produksi Unit Pengolahan Ikan (UPI) binaan KKP dan akhirnya mendorong peningkatan ekspor komoditas perikanan.

Tren ekspor produk perikanan Indonesia meningkat 45,9 persen, yaitu dari 654,95 ribu ton senilai 3,87 miliar dolar AS pada 2015 menjadi 955,88 ribu ton senilai 5,17 miliar dolar AS di 2018.

Selain Amerika Serikat, negara lain yang masuk dalam 10 besar negara tujuan ekspor utama Indonesia yaitu Tiongkok, Jepang, Australia, Singapura, Thailand, Malaysia, Taiwan, Italia, dan Vietnam.

“Saya berharap, produktivitas kapal lokal terus meningkat, pembangunan berbasis perikanan kian merata ke seluruh wilayah, dan seluruh indikator kesejahteraan nelayan tradisional terus menunjukan perbaikan," tandas Susi.