Nasir: Menteri mendatang dapat wujudkan BRIN dan PT berkelas dunia

id kabinet jokowi,menteri mendatang,jokowi,joko widodo,mohamad nasir

Nasir: Menteri mendatang dapat  wujudkan BRIN dan PT berkelas dunia

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan keterangan kepada wartawan di sela-sela acara Silaturahmi dan Dialog Menristekdikti dengan Para Peneliti Utama, Perekayasa Ahli utama, dan Perekayasa Ahli Madya di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin (14/10/2019). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak

Satu masalah BRIN, kedua adalah riset harus berhasil dengan baik, ketiga pendidikan tinggi Indonesia harus masuk kelas dunia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan yang harus dituntaskan oleh menteri dalam kabinet Presiden RI Joko Widodo  periode 2019-2024, yakni mulai dari mendorong terbentuknya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hingga menjadikan Perguruan Tinggi di Indonesia masuk berkelas dunia.

"Satu masalah BRIN, kedua adalah riset harus berhasil dengan baik, ketiga pendidikan tinggi Indonesia harus masuk kelas dunia," kata Nasir kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Menurut Nasir, BRIN akan mengkoordinasikan dan mengintegrasikan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan untuk menghasilkan produk unggul.

Jika kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan tersebut dapat terintegrasi dengan baik, maka akan menimbulkan efisiensi yang besar dari penggunaan dana yang tersebar di kementerian dan lembaga.

Dia berharap BRIN akan berada langsung di bawah presiden, dan dipimpin oleh seorang kepala dengan posisinya menjadi Menristekdikti/Kepala BRIN.

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma'ruf Amin mengatakan penyusunan struktur kabinet masih dalam proses penyempurnaan sehingga masih belum dapat diumumkan.

"(Kabinet) sekarang masih disempurnakan-disempurnakan," ujar Ma'ruf di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu.

Ma'ruf meminta publik untuk bersabar menanti nama-nama menteri yang masuk dalam kabinet pemerintahan dirinya dan Presiden terpilih Joko Widodo.

Baca juga: Nasir: Keberpihakan pemerintah jadi kunci dorong penggunaan produk dalam negeri
Baca juga: Nasir cita-citakan Indonesia tahun 2045 seperti Korea Selatan dan Jepang
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar