Libur Natal Danau Poso ramai dikunjungi wisatawan

id Danau Poso, saluopa, Poso, tentena

Libur Natal Danau Poso ramai dikunjungi wisatawan

Wisatawan berpose di dermaga di objek wisata Danau Poso di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Rabu (25/12/2019). (ANTARA/Moh Ridwan)

Objek wisata ini cukup lengkap karena sudah banyak resort di bangun dan memiliki sejumlah fasilitas menarik salah satunya Torau Resort yang menyediakan kolam renang, kafe maupun tempat berswafoto
Poso (ANTARA) - Destinasi wisata Danau Poso yang terletak di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, ramai dikunjungi wisatawan saat libur Natal 2019. 

Ny Wirma, seorang pengunjung asal Kota Palu, di Tentena, Poso, mengatakan objek wisata Danau Poso bagus dikunjungi saat liburan karena tidak kalah menarik dengan destinasi-destinasi lainnya di Sulawesi Tengah.

"Objek wisata ini cukup lengkap karena sudah banyak resort di bangun dan memiliki sejumlah fasilitas menarik salah satunya Torau Resort yang menyediakan kolam renang, kafe maupun tempat berswafoto," ujar Wirma.

Danau Poso memiliki panjang 32 kilometer dan lebar 16 kilometer serta merupakan danau ketiga terdalam di Indonesia, potensial dimanfaatkan sebagai destinasi wisata guna menunjang pertumbuhan sektor pariwisata daerah.

Aliran Danau Poso juga telah dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dibangun sejak 2003 dikelola PT Poso Energy anak perusahaan Kalla Energy untuk memenuhi kebutuhan sebagian kebutuhan listrik wilayah Sulawesi Tengah termasuk Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Pengunjung di destinasi Danau Poso di dominasi asal Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Tojo Una-Una maupun Poso untuk sekedar berlibur bersama keluarga dan kerabat.
Wisatawan lokal melihat keindahan ari terjun Saluopa di Tentena yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Rabu (25/12/2019). (ANTARA/Moh Ridwan)


Ny Amelia Idris, pengunjung asal Parigi Moutong mengatakan dia tertarik dengan keindahan Danau Poso. Selain menikmati pemandangan alam juga dapat menikmati kuliner dan fasilitas lainnya di setiap penginapan yang sudah di sediakan pihak pengembang.

"Di sini sudah cukup lengkap, kami juga menikmati sejumlah wahana yang ada. Danau Poso cocok untuk tempat rekreasi keluarga, " ucap Amelia.

Selain Danau Poso, wisatawan juga dapat mengunjungi air terjun Saluopa yang juga merupakan satu destinasi wisata alam populer di Sulawesi Tengah yang masih berada di wilayah Tentena.

Dua objek wisata itu merupakan destinasi unggulan Pemkab Poso yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi momen akhir tahun dan saat ini terus dikembangkan agar wisatawan lokal hingga mancanegara semakin tertarik berkunjung.

Baca juga: Renovasi jembatan Tentena untuk objek wisata dimulai
Baca juga: Kemenpar terus promosikan Danau Poso ke dunia

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar