Dishub : Status Parkir Rumah Sakit Harus Diubah

id parkir

Dishub : Status Parkir Rumah Sakit Harus Diubah

Ilustrasi (antaranews)

Kami minta agar Pemkot Palu dapat memaksimalkan pengelolaan dan pemanfaatan pendapatan dari perparkiran, yaitu dengan mengkaji kantong - kantong parkir yang berpotensi menambah PAD
Palu,  (antarasulteng.com) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Palu, Sulawesi Tengah, berharap wali kota menaikkan status parkir rumah sakit dari retribusi menjadi pajak parkir.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Kota Palu, Denny R Sumolong di Palu, Rabu, menyatakan bahwa semua rumah sakit di Kota Palu baik rumah sakit milik pemerintah maupun swasta tidak menyetor pendapatan parkir kepada Dishubkominfo.

"Semua rumah sakit hanya menyetor retribusi parkir, bukan pajak parkir. Itu karena status dari kewajiban rumah sakit belum diubah dari retribusi menjadi pajak," ungkap Denny.

Hal itu memberikan dampak tidak maksimalnya pendapatan asli daerah dari sektor parkir, padahal parkir di rumah sakit berpotensi besar menyumbang peningkatan pendapatan daerah.

Ia menyebut bahwa di semua rumah sakit di Kota Palu memiliki ruang privat parkir yang telah disediakan oleh setiap rumah sakit kepada pengunjung rumah sakit, hal itu dapat dikelola untuk dinaikkan status menjadi pajak parkir.

"Potensi parkir dirumah sakit menurut kami telah layak untuk diubah status parkir rumah sakit, dari retribusi menjadi pajak hal itu karena rumah sakit memiliki ruang privat untuk parkir," ujarnya.

Dirinya berharap Pemkot Palu dapat berupaya untuk mengubah status kewajiban rumah sakit dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah dari sisi parkir, yaitu dengan mengubah status dari retribusi menjadi pajak.

Sementara itu Anggota Komisi I Bidang Pemerintahan dan Kesra DPRD Kota Palu, Muhammad J Wartabone mendesak Pemkot Palu untuk memaksimalkan pengelolaan parkir untuk peningkatan PAD.

"Kami minta agar Pemkot Palu dapat memaksimalkan pengelolaan dan pemanfaatan pendapatan dari perparkiran, yaitu dengan mengkaji kantong - kantong parkir yang berpotensi menambah PAD," sebutnya.