Kota Palu, Sulteng (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah Ihsan Basir mengatakan kejuaraan antar kampung (tarkam) 2024 yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merupakan upaya untuk menggemarkan olahraga kepada masyarakat.
 
"Tarkam tidak hanya sekadar olahraga dalam aspek sosial tetapi merupakan interaksi antarwarga memperkuat hubungan sosial," kata Ihsan Basir melalui keterangan tertulisnya diterima di Palu, Senin.
 
Menurut dia, upaya Kemenpora menggemarkan olahraga kepada masyarakat merupakan langkah perlu dilakukan untuk kebugaran tubuh, selain dalam kontes lomba/pertandingan memperebutkan hadiah.
 
Dalam suatu pertandingan, kalah menang merupakan hal biasa, tetapi makna dari kejuaraan tersebut membangun semangat kebersamaan yang kokoh untuk persatuan dan kesatuan bangsa.
 
"Saya mengajak semua peserta menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding, termasuk menjaga keamanan selama kegiatan. Kami juga mengapresiasi Kemenpora memberikan kesempatan bagi daerah ini menyelenggarakan kejuaraan tarkam," ujarnya.
 
Ia mengemukakan dari kejuaraan ini dapat dimanfaatkan oleh masing-masing pengurus cabang olahraga dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) daerah memantau atlet-atlet muda berbakat untuk dibina menjadi atlet profesional.
 
Pada kejuaraan tersebut mempertandingkan empat cabang olahraga yakni bulutangkis, bola voli, tenis meja dan atletik/lari berlangsung selama tiga hari mulai 27-29 Oktober 2024.
 
"Dari kegiatan ini banyak manfaat yang didapat di luar kegiatan olahraga, salah satunya membantu meningkatkan pendapatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat karena terjadi interaksi sosial dalam jumlah banyak," tutur Ihsan.
 
Selain itu, katanya, dari kegiatan tersebut juga mengampanyekan produk-produk unggulan daerah ke tingkat nasional, salah satunya destinasi wisata bahari di miliki Banggai Kepulauan.


Pewarta : Mohamad Ridwan
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024