Tomy Winata Berharap Indonesia Semakin Peduli Lingkungan

id Lingkungan, Tomy Winata, Arta Graha

Tomy Winata Berharap Indonesia Semakin Peduli Lingkungan

Sejumlah anggota TNI melakukan aksi bersih lingkungan di sekitar Pantai Talise Palu, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Kegiatan Korem 132 Tadulako itu sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap kebersihan lingkungan sekaligus mendukung dan mengajak masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Hari Nusantar

"Di usia 68 tahun, bangsa Indonesia harus lebih dewasa dan matang dalam upaya menyelamatkan lingkungan dan bumi. 'Go-green' dan 'pro-green' harus diutamakan dalam berbagai hal," kata Tomy Winata
Lampung Barat (antarasulteng.com) - Pengusaha Tomy Winata berharap bangsa Indonesia di usia 68 tahun kemerdekaan semakin peduli akan konservasi alam, penyelamatan lingkungan dan bumi.

"Di usia 68 tahun, bangsa Indonesia harus lebih dewasa dan matang dalam upaya menyelamatkan lingkungan dan bumi. 'Go-green' dan 'pro-green' harus diutamakan dalam berbagai hal," kata Tomy Winata di Tambling, Lampung Barat, Jumat.

Bos Artha Graha Network yang mengelola Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) itu mengharapkan bangsa Indonesia juga  meningkatkan sumber daya alam untuk lebih mengedepankan produk-produk organik sehingga lebih ramah lingkungan.

Tomy mengatakan Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi dengan program studi konservasi alam, tetapi tidak banyak lulusannya yang kemudian mau menerjunkan diri ke bidang pelestarian lingkungan.

"Mungkin malah banyak yang lebih memilih bergabung dengan partai politik dan menjadi anggota DPR daripada menerapkan ilmunya untuk menjadi 'tarzan modern'," tuturnya.

Menurut Tomy, yang paling penting, Indonesia juga harus mampu mencetak "green-bussinessman" dan "green-enterpreneur", yaitu pengusaha dan wirausahawan yang berwawasan lingkungan.

"Sudah saatnya Indonesia tidak hanya memikirkan kepentingan ekonomi, tetapi juga mengedepankan kepentingan ekonomi yang berwawasan lingkungan atau wawasan lingkungan yang bernilai ekonomi," katanya.

Tomy mencontohkan Grup Artha Graha yang dia pimpin, sudah mulai menanamkan wawasan lingkungan dan konservasi alam kepada seluruh karyawan. 

Dia mengatakan seluruh karyawannya akan di-"rolling" ke TWNC agar bisa mempelajari dan memahami konservasi alam.***