Dua pasien COVID-19 asal Ternate peserta ijtima ulama di Gowa

id covid ternate,covid maluku utara,covid 19

Dua pasien COVID-19 asal Ternate peserta ijtima ulama di Gowa

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, Alwia Assagaf. (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara menyatakan bahwa dua dari pasien asal Ternate yang dikonfirmasi positif terserang COVID-19 merupakan peserta ijtima ulama di Gowa pada Maret 2020.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar pada Rabu (22/4), ada delapan tambahan pasien positif COVID-19 sehingga total ada 12 pasien COVID-19 di Maluku Utara.

"Delapan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 semuanya merupakan pasien laki-laki dengan umur kisaran 20 hingga 54 tahun dengan status ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan), termasuk dua orang yang baru kembali dari Kabupaten Gowa," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara Alwia Assagaf di Ternate, Kamis.

Ia menjelaskan, kedua orang itu melakukan perjalanan dari Makassar ke Ternate pada 19 Maret dan hasil pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat pada 14 April 2020 menunjukkan mereka berpotensi terinfeksi virus corona penyebab COVID-19. Setelah menjalani pemeriksaan, mereka menjalani karantina di Sahid Bella Hotel Ternate.

Menurut dia, pasien lain yang menurut hasil pemeriksaan terserang virus corona dan menjalani karantina menurut penelusuran pernah melakukan perjalanan ke daerah penularan seperti Makassar, Jakarta, dan Surabaya.

Alwia menjelaskan bahwa Gugus Tugas mengirim 19 spesimen pasien yang terindikasi terserang corona ke Makassar dan baru menerima hasil pemeriksaan terhadap 16 di antaranya.

Hasil pemeriksaan terhadap 16 spesimen tersebut menunjukkan bahwa delapan di antaranya positif COVID-19. Dengan demikian ada delapan tambahan pasien COVID-19 menjadi 12 orang di Maluku Utara, dua di antaranya sudah sembuh.