Sekutu Merkel sebut putusan AS tarik pasukan dari Jerman "tak berterima"

id Jerman Amerika Serikat,NATO,AS tarik tentara dari Jerman,Menlu Jerman,Heiko Maas

Sekutu Merkel sebut putusan  AS tarik pasukan dari Jerman "tak berterima"

Kanselir Jerman Angela Merkel melihat ke arah Presiden Amerika Serikat Donald Trump setelah sesi foto bersama saat berlangsung KTT pemimpin negara NATO di Watford, Inggris, Rabu (4/12/2019). REUTERS/Yves Herman/AWW/djo (REUTERS/YVES HERMAN)

Ini benar-benar tidak dapat diterima, terutama karena tidak ada seorang pun di Washington yang berpikir untuk memberitahu Jerman sebagai sekutu NATO-nya terlebih dahulu
Berlin (ANTARA) - Koordinator Jerman untuk hubungan trans-Atlantik mengkritik keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menarik ribuan pasukan AS dari Jerman.

Trump telah memerintahkan militer AS untuk memindahkan 9.500 tentara dari Jerman, kata seorang pejabat senior AS pada Jumat (5/6).

"Ini benar-benar tidak dapat diterima, terutama karena tidak ada seorang pun di Washington yang berpikir untuk memberitahu Jerman sebagai sekutu NATO-nya terlebih dahulu," ujar Peter Beyer, seorang anggota kelompok konservatif pendukung Kanselir Jerman Angela Merkel, kepada surat kabar Rheinische Post.

NATO (North Atlantic Treaty Organization) atau Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara adalah aliansi militer antarpemerintah dari 30 negara Amerika Utara dan Eropa.

Menyusul keputusan Trump itu, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dalam sebuah wawancara surat kabar mengatakan bahwa ia menyesali rencana penarikan tentara AS dari Jerman.

Maas menggambarkan bahwa hubungan Jerman dengan Amerika Serikat sebagai hubungan yang "rumit".

Sumber: Reuters