Prediksi Barcelona vs Malaga

id martino

Prediksi Barcelona vs Malaga

Gerardo Martino (ANTARA/AFP PHOTO / Alejandro PAGNI)

Barcelona (antarasulteng.com) - Barcelona menjamu Malaga di Camp Nou dalam pekan ke-21 La Liga setelah beroleh dua hasil imbang dalam pertandingan kali lalu. Jelas, bahwa Los Blancos tidak perlu lengah, bahkan tak boleh lagi kehilangan poin.

Barcelona akan ditantang Malaga dalam pertandingan yang digelar pada Minggu (26/1), atau Senin dini hari, pukul 03.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh RCTI.

Kubu Barcelona sedang diterpa kisruh soal kontrak Neymar, yang berujung Sandro Rosell mengundurkan diri sebagai Presiden Barcelona. Situasi tidak nyaman itu dikhawatirkan bakal mengganggu penampilan Messi dan kawan-kawan.

Selain terusik oleh kisruh soal Rosell, pertandingan melawan Malaga ini jelas dibayang-bayangi oleh ancaman skuad tetangga Real Madrid. Apakah Blaugrana mampu membalikkan situasi serba menekan itu justru menjadi motivasi untuk mengalahkan Malaga?

Jika saja Barcelona menang, maka mereka kembali melesat di posisi puncak; sementara Malaga juga punya motivasi serupa manakala menghadapi tim-tim besar sekelas Blaugrana.

Malaga bukan tanpa apa-apa. Mereka kini dihuni oleh sederet pemain muda bertalenta, utamanya penjaga gawang Willy Cabalero. Di bawah asuhan pelatih Bernhard Schuster, mereka tampil dengan pertahanan ekstra kokoh.

Pasukan Catalan wajib menang meski tanpa diperkuat oleh Andres Iniesta dan Carles Puyol. Atletico Madrid terus membayang-bayangi Barcelona dengan rekor yang sama, yakni 16 kali menang, tiga kali imbang dan satu kali kalah, hanya saja skuad Catalan menang dalam selisih gol.

Absennya pemain bintang asal Brasil, Neymar karena masih mengalami cedera engkel, tentu saja sedikit banyak menguntungkan kubu Schuster. Hanya saja, mereka perlu menjaga pergerakan Lionel Messi, dan tugas ini tentu bukan pekerjaan ringan bagi lini pertahanan Malaga.

Messi siap tempur setelah pulih dari cedera. Pemain berjuluk La Pulga ini memang tidak mencetak gol ketika Barca menundukkan Levante 4-1 di ajang Piala Raja. Perannya tidak bisa dipandang enteng. Pemain asal Argentina ini berperan dalam tiga assist yang mampu dikoversi menjadi hattrick oleh Cristian Tello.

Komentar dua pelatih:

Gerardo Martino (Barcelona):
"Ini (pengunduran diri Rosell) jelas bukan situasi ideal. Setiap orang ingin pekerjaan yang ia mulai berakhir dengan sebaik mungkin, meskipun di dunia sepak bola, kita tidak bisa menjamin apapun. Saya menaruh hormat kepada keputusan Presiden klub."

"Para pemain tentu saja prihatin dengan keputusan itu, meski mereka tahu itulah jalan terbaik yang perlu diambil. Saya tahu, dari mana saya datang, dan saya berusaha fokus agar tim mampu tampil sebaik mungkin. Pertandingan melawan Malaga lebih penting dibandingkan dengan pengunduran diri presiden (Rosell). Bisa saja peristiwa ini justru memotivasi pemain agar lebih kuat di masa depan."

"Kami harus lebih meneguhkan hati Neymar dan ayahnya dengan memberi kejelasan soal nilai transfer. Saya tidak percaya kalau situasi ini dapat mempengaruhi penampilan dia (Neymar)."

Bernd Schuster (Malaga):

"Bermain dengan pola bertahan bukan hal yang buruk juga. Kami perlu lebih fokus lagi untuk tampil sebaik mungkin di Camp Nou. Kami tentu saja tidak akan bermain 'one-on-one' melawan Barcelona. Kami perlu memanfaatkan setiap peluang, utamanya di babak pertama."

Anatomi kedua tim:

Barcelona:
* Ibrahim Affelay siap kembali tampil. Ia telah masuk kembali dalam susunan pemain, dan Tata Martino menaruh harapan tidak kecil kepada penampilan pemain asal Belanda ini. "Ini waktu yang tepat menurunkan dia lagi," kata Martino menegaskan.

* Neymar absen, posisinya bakal diisi oleh Jean Marie Dongou. Di bawah mistar gawang, Victor Valdes tetap menjadi pilihan utama. Dani Alves dan Jordi Alba di posisi full-bek. Peran Mascherano demikian vital di lini pertahanan Barca.

* Sergio Busquets siap tanding, ditopang sepenuhnya oleh Xavi. Duet Cesc Fabregas atau Sergi Roberto bakal menguasai lini tengah permainan.

* Messi siap membombardir pertahanan Malaga. Ia punya kecepatan luar biasa dan punya naluri mencetak gol yang demikian yahud. Pergerakannya bakal didukung oleh dua pemain sayap, Pedro Rodriguez dan Alexis Sanchez. Messi menjadi mesin gol bagi Barca. Ini yang perlu ekstra diwaspadai oleh skuad Malaga.

Malaga:
* Posisi skuad asuhan Schuster demikian memprihatinkan di klasemen La Liga, dua poin di ambang zona degradasi. Situasi serba krisis ini membuat seluruh personel Malaga perlu menuai kemenangan atas Barcelona meski ini bukan tugas mudah juga.

* Kondisi Samuel Garcia masih diliputi tanda tanya. Pemain ini mengalami cedera ligamen pada kaki kirinya, sementara Mounir El Hamdaoui masih dibekap cedera otot. Tiga sekawan, diharapkan tampil, mereka yakni Idriss Carlos Kameni, Eliseu dan Marcos Angeleri. Jesús Gámez dan Weligton masih dalam masa pemulihan.

* Terbuka kemungkinan lini pertahanan Malaga akan diisi oleh Sergio Sánchez, Flávio Ferreira dan Vitorino Antunes. Pablo Perez akan mengemban tugas sebagai gelandang bertahan, ia bakal bahu membahu bersama Bartlomiej Pawlowski.

Prakiraan susunan pemain:

Barcelona (4-3-3):
V.Valdes (penjaga gawang), D. Alves, Pique, Mashcerano, J. Alba, Xavi, Busquets, Iniesta, Alexis, Messi, Pedro
Pemain cadangan:
Pinto, Adriano, Bartra, Montoya, A.Song, Fabregas, S.Roberto

Malaga (4-2-3-1):
W. Caballero (penjaga gawang), J. Gamez, S. Sanchez, F. Ferreira, Antunes, Camacho, Tissone, Samuel, Duda, Eliseu, S.Cruz
Pemain cadangan:
Kameni, Angeleri, B. Anderson, P.Perez, P.Morales, Juanmi, Portillo

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Barcelona 4-0 Málaga (29,69 persen)
* Barcelona 3-0 Málaga (11,66 persen)
* Barcelona 3-1 Málaga (11,18 persen)

Head to Head:

La Liga 
25 Aug 2013     Málaga 0 - Barcelona 1     
 1 Jun 2013     Barcelona 4 - Málaga 1     
 
Copa del Rey (ESPC)
24 Jan 2013     Málaga 2 - Barcelona 4     
16 Jan 2013     Barcelona 2 - Málaga 2     
13 Jan 2013     Málaga 1 - Barcelona 3     

Lima laga terakhir:
 
Barcelona:
22 Jan 2014    Levante UD 1 - Barcelona 4    ESPC
19 Jan 2014    Levante UD 1 - Barcelona 1    LIGA
16 Jan 2014    Getafe 0 - Barcelona 2    ESPC
11 Jan 2014    Atlético de Madrid 0 - Barcelona 0    LIGA
8 Jan 2014    Barcelona 4 - Getafe 0    ESPC

Málaga
17 Jan 2014    Málaga 0 - Valencia 0    LIGA
12 Jan 2014    Levante UD 1 - Málaga 0    LIGA
4 Jan 2014    Málaga 0 - Atlético de Madrid 1    LIGA
20 Dec 2013    Elche 0 - Málaga 1    LIGA
17 Dec 2013    Osasuna 1 - Málaga 1    ESPC

Narasi atas prediksi:

* Malaga jelas-jelas mengambil posisi sebagai "underdog" dalam pertandingan melawan Barcelona, meski skuad asuhan Schuster ini juga tidak ingin menyerah begitu saja.

* Laga ini merupakan sinyal kuat bagi Barcelona di tengah keprihatinan yang sedang melanda klub papan atas La Liga itu. Los Blancos tidak ingin tergelincir lagi. Ini yang jelas-jelas dapat memotivasi penampilan mereka melawan Malaga.

* Asa membuncah kubu Barcelona persis dinyatakan oleh Gerardo Martino. "Kami harus memberi respons positif di lapangan."

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Barcelona: 3
Malaga: 1 

(skd)