Pemkab Parigi Moutong sembelih 28 hewan kurban rayakan Idul Adha 1442 H

id Hewan kurban, kesramas Parimo, pemkabparimo, idul adha, sulteng

Pemkab Parigi Moutong sembelih 28 hewan kurban rayakan Idul Adha 1442 H

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Mahfuz. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyembelih 28 hewan kurban merayakan Idul Adha 1442 Hijriah. 

"Sebanyak 28 hewan kurban ini tersebar di masing-masing instansi di lingkungan Pemerintah Parigi Moutong," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Parigi Moutong Mahfuz di Parigi, Senin.

Ia menjelaskan penyembelihan hewan kurban tidak dilaksanakan di satu tempat, karena ada sejumlah instansi mengelola daging kurban mereka sendiri untuk dibagikan kepada orang-orang yang berhak.

Bahkan, ada pula sebagian di sumbangkan ke Pondok Pesantren dan panti asuhan di kabupaten itu sebagai mana perintah, hukum dan syariat Islam dalam melaksanakan kurban.

"Dari 28 ekor hewan kurban, 26 ekor di antaranya sapi dan dua ekor lainnya kambing. Hewan kurban ini disembelih setelah Shalat Idul Adha," ucap Mahfuz.

Baca juga: Hewan kurban dari Presiden untuk Parigi Moutong berbobot 964 kilogram

Ia memaparkan sebagaimana diatur dalam Islam, orang-orang yang berhak mendapat daging kurban yakni fakir, miskin, Ghairm, Ibnu Sabil dan Mualaf serta Amil.

Rencananya, pemda juga menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban Desa Gangga, Kecamatan Parigi Selatan masing-masing berjumlah satu ekor sapi dan satu ekor kambing yang selanjutnya dibagikan pada mualaf dan warga Muslim lainnya.

Lalu, distribusi daging kurban dilakukan dengan sistem pembagian kupon kepada penerima, sebagai mana petunjuk Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu dan daging kurban harus tepat sasaran.

"Kami juga telah memeriksa kesehatan hewan kurban semuanya sehat serta memenuhi syarat sesuai ketentuan untuk disembelih. Namun sebelum penyembelihan kami tetap lakukan pemantauan dan pemeriksaan kembali hewan-hewan tersebut," ujar Mahfuz.

Terlepas dari itu, hari raya Idul Adha tahun ini, Presiden Joko Widodo juga menyumbang satu ekor hewan kurban untuk di sembelih di Kabupaten Parigi Moutong, dengan bobot berat badan sapi mencapai 964 kilogram.

Hewan kurban Presiden RI itu dibeli seharga Rp65 juta berjenis Sapi Brahman milik peternak Desa Sausu Torino, Kecamatan Sausu dan akan di sembelih sehari setelah Idul Adha di Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat.

Baca juga: Gubernur Sulteng minta seluruh OPD laksanakan kurban
Pewarta :
Editor : Muhammad Arshandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar