Gubernur minta kepala daerah di Sulteng dampingi warga dapatkan KUR

id gubernur sulteng,pemprov sulteng,bri,wagub sulteng,rusdy mastura,ma'mun amir

Gubernur minta kepala daerah di Sulteng dampingi warga dapatkan KUR

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Saya kembali menyurati ke bupati dan Wali Kota Palu agar mendampingi masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan memperoleh dana KUR untuk pengembangan UMKM
Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta kepada daerah baik bupati maupun wali kota di Sulteng mendorong dan mendampingi masyarakat untuk mendapatkan fasilitas dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Saya kembali menyurati ke bupati dan Wali Kota Palu agar mendampingi masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan memperoleh dana KUR untuk pengembangan UMKM," ucap Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Kamis.

Baca juga: Wagub Sulteng: Dana KUR untuk pemulihan ekonomi

Gubernur Rusdy Mastura mengakui bahwa ia bersama pimpinan BRI telah menandatangani kerja sama pemberian dana KUR untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Lewat kerja sama itu, BRI menyediakan dana KUR senilai Rp5 triliun untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

"Secara nasional pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk penyaluran kredit dengan bunga rendah dan pinjaman di bawah Rp100 juta tidak memiliki agunan. Selain itu, ada juga penyaluran kredit PEN," ungkap Rusdy Mastura.

Gubernur memberikan perhatian serius terhadap hal itu, agar masyarakat di Sulteng dapat menikmati kemudahan memperoleh dana KUR itu untuk pengembangan usaha.

"Masyarakat Sulawesi Tengah dapat menikmati kemudahan untuk mendapatkan fasilitas itu, yang bertujuan untuk dapat meningkatkan produktifitas dan membuka usaha baru untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat yang sedang terpuruk," katanya.

Baca juga: Menko Perekonomian dorong KUR pertanian di Sulteng

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Wagub Sulteng) Ma'mun Amir mengatakan bantuan modal usaha melalui skema dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat dan daerah.

Wagub Sulteng Ma'mun Amir mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah lewat kepemimpinan ia dan Gubernur Rusdy Mastura berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Komitmen itu mulai direalisasikan dengan membangun kemitraan dengan perbankan salah satunya dengan Bank Rakyat Indonesia yang siap memberikan dana KUR senilai Rp5 triliun.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah melakukan penandatanganan MoU bersama PT Bank Rakyat Indonesia dalam rangka penyiapan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk wilayah Sulawesi Tengah sebesar Rp5 triliun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Sulawesi Tengah melalui pinjaman lunak," sebutnya.

Baca juga: BNI andalkan klasterisasi untuk pertajam penyaluran KUR

Lewat kerja sama itu, masyarakat dan pelaku usaha kecil dan menengah akan berhak untuk mendapat bantuan modal usaha lewat skema KUR, yang diberikan dengan bunga rendah atau pinjaman lunak.

Sebelumnya Regional CEO Bank BRI Manado Sulawesi Utara Jhon Sarjono saat bersilaturahim dengan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, mengemukakan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) siap membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam menyediakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp5 Triliun untuk kepentingan peningkatan usaha masyarakat Sulteng.

"Sesuai permintaan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, kami akan siapkan dana KUR untuk Sulawesi Tengah sebesar Rp5 Triliun dengan harapan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat," kata Jhon Sarjono.
 
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura berdialog dengan Wakil Gubernur Ma'mun Amir (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)


 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021