Polsek Batui jemput warga dari rumah menuju lokasi vaksinasi gratis di Banggai

id polsek batui,luwuk,banggai,vaksinasi,vaksin

Polsek Batui jemput warga dari rumah menuju lokasi vaksinasi gratis di Banggai

Aparat Polsek Batui saat mengangkut masyarakat dari rumah menuju lokasi vaksinasi gratis di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada Kamis, 16 Desember 2021. [ANTARA/ HO- Polsek Batui]

Luwuk, Banggai (ANTARA) - Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Batui melakukan jemput bola ke rumah warga untuk memobilisasi pemberian vaksin gratis ke masyarakat. Itu merupakan salah satu upaya Polsek Batui untuk membantu pemerintah Kabupaten Banggai dalam mencapai target 70 persen masyarakat telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Seperti terlihat Kamis, 16 Desember 2021 dimana jajaran Polres Banggai itu jemput bola dengan memobilisasi masyarakat dari rumah ke rumah menuju lokasi pelaksanaan vaksinasi. Kapolsek Batui Iptu I Ketut Yoga Widata menjelaskan, pelaksanaan mobilisasi masyarakat pada hari itu dimulai pada pukul 08.00 wita. 

Masyarakat dari yang ada di Kecamatan Batui dan Batui Selatan di mobilisasi ke Puskesmas Batui dan Puskesmas Sinorang. “Kegiatan mobilisasi tersebut kami menggunakan empat unit kendaraan roda empat yaitu satu unit Patroli Polsek Batui dan tiga unit mobil milik anggota polsek,” ungkap Iptu Yoga. 

Lebih lanjut, Iptu Yoga mengungkapkan, kegiatan mobilisasi masyarakat ini bertujuan untuk mencapai  target 70 % masyarakat divaksin hingga akhir tahun.  “Giat mobilisasi massa ini sudah berjalan dari tanggal 13 Desember 2021 dan terus dilaksanakan sampai tanggal 31 Desember 2021,” tambah perwira dua balak ini. 

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan Polsek Batui, terjadi peningkatan yang signifikan dari jumlah warga yang divaksinasi setiap harinya di dua puskesmas yakni puskesmas Batui dan Sinorang. 

Selain melakukan mobilisasi massa Kapolsek batui juga melakukan koordinasi dengan Camat serta Kapus agar membentuk tim tambahan untuk giat vaksinasi.

“Saat ini sudah di bentuk dua tim  vaksinator di Puskesmas Batui dan Puskesmas Sinorang. Kemudian kami menjadwalkan vaksin keliling yaitu tim vaksinator mendatangi langsung di setiap kelurahan dan desa di Kecamatan Batui dan Batui Selatan,” ucap Iptu Yoga. 

Dalam pelaksanaan vaksin keliling peran TNI/Polri mengimbau dan menghadirkan masyarakat di lokasi vaksinasi.

Berikut jadwal kegiatan vaksinasi keliling yang akan dilaksanakan Polsek Batui :

- Hari Kamis tanggal 16 Desember 2021 Tim Vaksinator Puskesmas batui melaksanakan kegiatan di Sekolah Bakung. 
- Hari Jumat tanggal 17 Desember 2021 akan melaksanakan vaksin di SMP Bakung dan Desa Ondo Ondolu.
- Hari Sabtu Tanggal 18 Desember 2021 di Desa Ondo Ondolu 1.
- Hari Minggu Tanggal 19 Desember 2021 di Kelurahan Lamo.
- Hari Senin tanggal 20 Desember 2021 di Desa Uso.
- Hari Selasa tanggal 21 Desember 2021 Desa Nonong dan Desa Kayowa.
- Hari Rabu Tanggal 22 Desember 2021 kelurahan Bakung.
- Hari Kamis Tanggal 23 Desember 2021 di Kelurahan Sisipan.
- Hari Jumat Tanggal 24 Desember 2021 di Kelurahan Bugis dan Kelurahan Batui.
- Hari Sabtu tanggal 25 Desember 2021 di Kelurahan Tolando. 
- Hari Minggu tanggal 26 Desember 2021 di kelurahan Balantang. 
- Hari Senin tanggal 27 s/d 31 Desember di Puskesmas Batui.

Demikianlah cara Polsek Batui dalam membantu pemerintah mencapai target vaksinasi sebagaimana harapan pemerintah pusat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di daerah.***