UIN Palu-Balai Bahasa kenalkan Bahasa Indonesia ke penutur asing

id bipa,balai bahasa sulteng,uin palu,uin datokarama,prof sagaf,Sandra Safitri Hanan

UIN Palu-Balai Bahasa  kenalkan Bahasa Indonesia ke penutur asing

Pertemuan antara Rektor UIN Datokarama Palu Sagaf Pettalongi (kanan) dengan Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulteng Sandra Safitri Hanan (kiri) di Ruang Kerja Rektor UIN Palu di Palu, Kamis (12/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah bersama Balai Bahasa Sulteng sepakat mengenalkan Bahasa Indonesia kepada penutur asing dari berbagai negara lewat peran dan fungsi masing-masing.

"UIN Palu terus mengembangkan kelembagaan peran dan fungsinya dengan membangun mitra, salah satunya akan bekerja sama dengan Balai Bahasa Sulteng untuk pengembangan keterampilan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkup UIN Palu dalam berbahasa Indonesia, serta mengenalkan Bahasa Indonesia kepada penutur asing," ujar Rektor UIN Palu Sagaf S. Pettalongi di Palu, Kamis (12/5).

Pihak Balai Bahasa Sulteng dipimpin Sandra Safitri Hanan telah bertemu dengan Rektor UIN Palu Sagaf Pettalongi untuk membahas optimalisasi penggunaan Bahasa Indonesia baku serta rencana pendirian lembaga penyelenggara program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan sosialisasi Uji Kemahiran Dalam Berbahasa Indonesia.

Pertemuan pihak Balai Bahasa dengan Rektor UIN Datokarama berlangsung di ruang kerja Rektor di Palu, Kamis (12/5).

Dalam pertemuan itu, Sagaf mengemukakan UIN Palu mendukung program Balai Bahasa Sulteng dalam mengenalkan dan membangun keterampilan penutur asing dalam berbahasa Indonesia.

UIN Palu juga akan melibatkan diri dalam pembinaan keterampilan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan dalam berbahasa Indonesia. Apalagi UIN Palu terdapat beberapa mahasiswa asing dari Thailand.

"UIN Palu juga akan mengirim utusan untuk masuk sebagai pengurus dalam lembaga penyelenggara program BIPA Sulteng," ungkapnya.

Ia menyebut UIN Palu atas dukungan Balai Bahasa Sulteng juga akan membentuk unit struktural yang berfungsi menyelenggarakan program BIPA.

Kepala Balai Bahasa Sulteng Sandra Safitri Hanan mengatakan dalam waktu dekat akan dibentuk asosiasi pengajar pegiat Bahasa Indonesia bagi penutur asing di tingkat Kota Palu.

"Asosiasi ini anggotanya berasal dari perguruan tinggi, lembaga, badan yang karyawan atau anggotanya ada warga negara asing. Untuk sementara fokusnya di tingkat perguruan tinggi terlebih dahulu," katanya.

Dalam asosiasi itu, UIN Palu menjadi salah satu peserta yang mengutus kurang lebih enam dosen sebagai anggota asosiasi pengajar pegiat Bahasa Indonesia bagi penutur asing.

"Kami juga telah rapat dengan utusan UIN untuk membentuk asosiasi pengajar pegiat Bahasa Indonesia bagi penutur asing di lingkup UIN Datokarama Palu," ujarnya.
Pertemuan antara Balai Bahasa Provinsi Sulteng dan pihak UIN Palu berlangsung di Ruang Kerja Rektor UIN Palu, di Palu, Kamis (12/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022