Pemkot Palu: Peran orang tua penting agar anak-anak tidak jadi gepeng

id Sulteng,Sandi,Palu,Gepeng,Haji,Pemkot Palu,Peran orang tua penting agar anak tidak jadi gepeng,agar anak-anak tidak jadi

Pemkot Palu:  Peran orang tua penting agar anak-anak tidak jadi gepeng

Arsip- Sejumlah gelandangan dan pengemis (gepeng) terjaring razia oleh Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah dimintai keterangan, Selasa (13/10/2020). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyatakan peran anggota keluarga utamanya orang tua sangat penting untuk mencegah anak-anak dalam lingkungan keluarga itu menjadi gelandangan dan pengemis (gepeng).



"Faktor utama yang menyebabkan anak-anak menjadi gepeng adalah keluarga. Mereka menjadi gepeng karena stres kedua orang tuanya bertikai dan tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Anak-anak menjadi gepeng karena ingin mencari kesenangan di luar rumah dan mencari uang," kata Sekretaris Kota Palu Irmayanti Pettalolo,Kamis.



Irma menyatakan, temuan itu diperoleh Pemerintah Kota Palu dari hasil pengakuan anak-anak gepeng yang telah ditertibkan dan diberi pembinaan oleh Dinas Sosial Kota Palu.



Maka dari itu, ia meminta para orang tua di Kota Palu agar lebih memperbaiki pola asuh kepada anak terlebih memberikan mereka pendidikan yang memadai dan menjaga keharmonisan dalam rumah tangga agar anak-anak tidak stres, tidak tertekan dan tidak memilih menjadi gepeng.



"Penguatan dan penerapan nilai-nilai dalam keluarga mesti dilakukan oleh para orang tua dalam rumah tangganya untuk mencegah anak-anaknya pergi ke jalanan dan memilih menjadi gepeng," ujarnya.



Irma menambahkan, dalam mengatasi gepeng, Pemerintah Kota Palu mengedepankan penanganan secara preventif, yakni dengan menertibkan mereka saat mengemis atau berkeliaran di jalanan.



Setelah itu, pihaknya membawa para gepeng tersebut ke rumah singgah bagi gepeng yang dikelola Dinsos Palu untuk diberikan pembinaan dan pelatihan keterampilan agar keterampilan yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk mencari rezeki tanpa mengemis dan menjadi gelandangan.



"Jika para gepeng itu berasal dari luar Palu, maka kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah asal gepeng tersebut untuk mengembalikan mereka. Adapun gepeng yang merupakan warga Palu kita beri pembinaan, bantuan sosial dan pelatihan keterampilan agar kesejehtaraan mereka meningkat," tambahnya.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022