Pemkab Sigi normalisasi sungai di wilayah Palolo cegah banjir

id Pemkab Sigi,Banjir Palolo,Wabup Sigi,Samuel Pongi,Banjir Sigi

Pemkab Sigi  normalisasi sungai di wilayah Palolo cegah banjir

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi bersama pihak Dinas Pekerjaan Umum Sigi meninjau sungai di wilayah Kecamatan Palolo, Senin (1/8/2022) (ANTARA/HO-Media Center Samuel Pongi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melakukan normalisasi sungai di wilayah Kecamatan Palolo untuk mencegah terjadinya banjir di beberapa desa di kecamatan itu pada musim hujan.

"Langkah penanganan jangka pendek yang diambil yaitu salah satunya adalah kami berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulteng dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) untuk melakukan pengerukan material yang membuat sungai mengalami pendangkalan dan penataan alur sungai," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Sigi, Selasa.

Samuel mengatakan beberapa desa di wilayah Kecamatan Palolo meliputi Desa Lemba Ntongoa, Uenuni, Sejahtera dan Tanah Harapan, terdampak banjir.



Air sungai meluap ke permukiman warga serta lahan - lahan pertanian milik warga di desa - desa tersebut.

"Peristiwa ini terjadi pada akhir pekan kemarin dan awal pekan ini, di mana hujan deras menjadi salah satu faktor penyebab air meluap ke permukiman dan lahan pertanian," ungkapnya.

Samuel telah meninjau kondisi sungai di wilayah itu, salah satunya adalah Sungai Sopu.

"Senin kemarin saya langsung ke lokasi dan melakukan langkah - langkah penanganan, serta meninjau langsung kondisi sungai. Kami bersama Dinas Pekerjaan Umum langsung menerbangkan drone untuk melihat bagian hulu sungai," ujarnya.



Samuel mengimbau warga di wilayah itu untuk menanam bambu di pinggir sungai, sebagai langkah pencegahan banjir.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan APBD Sigi sangat terbatas, sehingga dalam penanganan dan pengurangan risiko bencana khususnya normalisasi sungai sangat membutuhkan dukungan Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Sulawesi III dan Pemprov Sulteng.

Mohamad Irwan juga telah menyerahkan proposal kepada Kepala BNPB terkait normalisasi sungai di wilayah Kabupaten Sigi.
 
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi bersama pihak Dinas Pekerjaan Umum Sigi meninjau sungai di wilayah Kecamatan Palolo, Senin (1/8/2022) (ANTARA/HO-Media Center Samuel Pongi)


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Sigi normalisasi sungai di wilayah Palolo cegah banjir
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022