Bupati Morut ingatkan kades jalin kerja sama dengan BPD

id Morut

Bupati Morut ingatkan kades jalin kerja sama dengan BPD

​​​​​​​Bupati Delis Julkarson Hehi (kiri) melantik sembilan kepala desa dari 45 desa yang mengikuti Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Morowali Utara, berlangsung di Gedung Serbaguna Bete;eme Kecamatan Lembo, Senin (29/8/2022). ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut), Delis Julkarson Hehi, mengingatkan kepala desa (kades) agar harus bisa bekerja sama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan seluruh tokoh masyarakat setempat.

"Amanah ini tidak ringan. Agar bisa sukses dalam mengemban tugas itu, seorang kades harus bisa bekerja sama", ujar Delis saat melantik sembilan kepala desa dari 45 desa yang mengikuti Pilkades serentak tahun 2022 di Gedung Serbaguna Beteleme, Kecamatan Lembo, Senin (29/8/2022).

Bupati Morut meminta para kepala desa untuk menjalankan kepercayaan dan amanah ini dengan sungguh-sungguh dan menjalin kerja sama tersebut karena sangat penting agar pembangunan di desa bisa berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan.

Delis juga mengingatkan tentang pencapaian visi dan misi Pemda Morut saat ini yakni "Mewujudkan Masyarakat Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS) agar mutlak ditunjang dari desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten karena merupakan tumpuan dan tujuan program itu adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

"Visi itu tidak mungkin tercapai kalau tidak didukung para kepala desa," kata Delis.

Delis menambahkan bahwa sesuai dengan peraturan perundang-undangan khususnya yang mengatur tentang otonomi daerah, desa memang diberi kewenangan, punya hak otonomi.

"Namun hendaknya diingat agar kewenangan itu dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kepentingan masyarakat dan orang banyak,' katanya mengingatkan.

Pada acara pelantikan sembilan kepala desa tersebut turut hadir Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa, Wakapolres Morut AKBP H. Amri, Ketua TP PKK Morut Ny Febriyanthi H DJ Hehi, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Morut, serta tamu undangan lainnya.

Sembilan kepala desa dari 45 desa yang mengikuti Pilkades serentak tahun 2022, tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Morowali Utara, antara lain:

1. Kecamatan Petasia:
- Kepala Desa Koromatantu, Alfianus Doe.

2. Kecamatan Petasia Barat:
- Kepala Desa Maralee, Harman Palesa

3. Kecamatan Petasia Timur::
- Kepala Desa Bimor Jaya, Absalom Auw
- Kepala Desa Towara, Hamri
- Kepala Desa Pebo’a, Junison Pouraga

4. Kecamatan Lembo:
- Kepala Desa Kumpi, Junisman Ampugo, S.Sos

5. Kecamatan Lembo Raya:
Kepala Desa Ronta, Berkat Utama Lemangga, S.Pd

6. Kecamatan Soyo Jaya:
- Kepala Desa Lembah Sumara, Andi Muhammad Harum
- Kepala Desa Sumara Jaya, Sukamto.