Pemkab Donggala bantu nelayan tingkatkan produksi perikanan

id pemkab donggala,ali asegaf,perikanan donggala,dinas kelautan dan perikanan donggala,nelayan donggala

Pemkab Donggala  bantu nelayan tingkatkan produksi perikanan

Bupati Donggala Kasman Lassa (kanan) didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Donggala Ali Asegaf (kiri) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Donggala, Sulawesi Tengah. (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, membantu nelayan di daerah itu untuk meningkatkan hasil tangkap atau produksi perikanan, untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat dan peningkatan ekonomi nelayan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Donggala Ali Asegaf dihubungi dari Palu, Selasa, mengemukakan bahwa pihaknya memberikan perhatian serius kepada nelayan dalam upaya pencapaian target produksi perikanan.

"Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada nelayan, untuk mengurangi beban nelayan dalam melaksanakan kegiatan tangkap," ucap Ali.

Ali mengatakan, dalam kegiatan pengendalian inflasi daerah, sektor kelautan dan perikanan menjadi satu sektor yang diintervensi oleh pemerintah dalam pengendalian inflasi.

Atas hal itu, sebut dia, nelayan melalui kegiatan pengendalian inflasi diberikan bantuan, agar tetap dapat berusaha khususnya melakukan kegiatan penangkapan ikan.

Sehingga, kata dia, pihaknya menyalurkan bantuan kepada 266 keluarga nelayan di Donggala, dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu/keluarga.

"Bantuan ini berupa sembako untuk pemenuhan pangan rumah tangga nelayan dan bahan bakar minyak agar nelayan tetap bisa melaut," ungkapnya.

Di samping itu, kata dia, Pemkab Donggala juga akan memberikan bantuan sarana penunjang kegiatan penangkapan sektor perikanan untuk nelayan, untuk memudahkan nelayan dalam menangkap ikan dan sebagainya.

"Bantuan sarana alat tangkap mulai dari kapal, katinting, dan alat tangkap lainnya menjadi prioritas dalam kegiatan pengembangan sektor kelautan dan perikanan," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya juga akan mengupayakan agar para nelayan dapat asuransi, untuk mengurangi beban nelayan.

 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2023