Patroli Yonif R 514/SY Kostrad bantu evakuasi warga Koroptak

id Patroli Yonif 514 Kostrad bantu evakuasi warga

Patroli Yonif R 514/SY Kostrad bantu evakuasi warga Koroptak

Prajurit TNI sedang membantu warga yang mengungsi ke Kenyam. (ANTARA/HO-Yonif Raider 514/SY)

Jayapura (ANTARA) - Patroli Satgas Yonif Raider 514/SY Kostrad membantu mengevakuasi warga Koroptak ke Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Komandan Yonif Raider 514/SY Kostrad Letkol Inf Rinto Wijaya dalam keterangan di Jayapura, Senin (27/3), mengatakan rombongan warga setempat itu ditemui di tengah hutan saat anggotanya melakukan patroli.
 
Berdasarkan keterangan, terungkap bahwa mereka sudah berjalan kaki sekitar empat hari dari kampungnya di Koroptak.
 
"Saat patroli yang dipimpin Danpos Kendibam di wilayah Kalimin Kapten Inf Mahardika, Minggu(27/3), bertemu dengan 52 warga yang sedang berada di hutan dan ketika ditanya ternyata ingin ke Kenyam," katanya.
 
Dia menjelaskan mereka hendak ke Kenyam karena takut terhadap aksi teror yang dilakukan KKB. Mereka berjalan kaki dengan membawa harta benda, termasuk ternak babi.
 
Setelah mendengar keinginan mereka tersebut, selanjutnya tim gabungan TNI-Polri dari Kenyam datang untuk menjemput masyarakat dengan menggunakan beberapa kendaraan.
 
Setibanya di Kenyam, mereka langsung dibawa menuju Polres Nduga untuk mendapat pelayanan kesehatan oleh tim kesehatan gabungan TNI-Polri dan pemberian makanan secara gratis.
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Rinto, kondisi mereka dinyatakan sehat.
 
"Kami akan memberikan bantuan kepada masyarakat, baik bantuan logistik maupun lainnya, guna menghilangkan trauma akibat teror KKB," kata dia.