Alwi bawa Indonesia unggul 2-1 atas China di BAJC 2023

id Alwi farhan,Badminton Asia Junior Championships,Badminton Asia Junior Championships 2023,bajc 2023

Alwi bawa Indonesia unggul 2-1 atas China di BAJC 2023

Tunggal putra Indonesia Alwi Farhan beraksi dalam laga Badminton Asia Junior Championships 2023, yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (9/7/2023). (ANTARA/HO/PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Alwi Farhan membawa Indonesia unggul 2-1 atas China di fase Grup A Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2023, yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu.

Alwi, yang merupakan tunggal putra peringkat 96 dunia itu menang dua gim langsung atas Hu Zhe An dengan skor 21-19, 21-11.

“Bersyukur bisa memenangkan pertandingan hari ini. Pada gim pertama saya menyerang saat lawan menurunkan bola. Saya memanfaatkan hal itu di gim kedua karena saya sudah mengenal gaya bermainnya,” kata Alwi, dikutip dari keterangan resmi PBSI.

Lebih lanjut, pada pertandingan tersebut, Alwi mengaku memanfaatkan kelemahan lawan yang kesulitan beradaptasi dengan kondisi lapangan. Saat diuntungkan kondisi angin, Alwi langsung menyerang Hu yang merupakan juara Dutch Junior International 2023 itu sehingga akhirnya menang dalam tempo 46 menit.

Meski demikian, Alwi pun mengakui dirinya juga masih beradaptasi dengan kondisi GOR Amongraga yang berangin. Runner up Osaka International Challenge 2023 tersebut berupaya untuk mengatasi hal itu untuk bisa fokus pada setiap pertandingan.

“Pada gim pertama saya sempat kesulitan sendiri saat sepatu saya licin. Saya kemudian mencoba mengatur hal itu di gim kedua jadi bermain lebih nyaman,” tambah juara Bangladesh Junior International Series 2021 tersebut.

Dengan kemenangan Alwi, Indonesia kembali unggul dengan skor 2-1 atas China di ajang ini. Sebelumnya, Indonesia unggul terlebih dahulu lewat ganda campuran, Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu uang menang lewat pertarungan rubber game 21-16, 23-25, 21-10 atas Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin.

Keunggulan tersebut tidak bertahan lama seusai tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari harus mengakui keunggulan Xu Wen Jing dengan skor 12-21, 10-21.

Partai selanjutnya diisi oleh pasangan ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani yang akan menghadapi Liao Li Xi/Zhang Wen Xiao.