Kabupaten Morowali Utara raih juara pada ajang Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023

id Morut

Kabupaten Morowali Utara raih juara pada ajang Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023

Bupati Morut Delis J Hehi memberikan apresiasi kepada Dinas terkait dalam ajang ini yang telah meraih salah satu juara kategori.  ANTARA/HO-MCDD

Banten (ANTARA) - Menampilkan produk UMKM, kerajinan tangan, produk pertambangan dan perkebunan. Kabupaten Morut raih Juara Stand Terbaik Kategori Inovatif pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2023 di ICE BSD Tangerang, Provinsi Banten.
Kabupaten Morut raih Juara Stand Terbaik Kategori Inovatif pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2023 di ICE BSD Tangerang, Provinsi Banten. ANTARA/HO-MCDD

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, terhitung dari tanggal 20-22 Juli 2023, yang diikuti sebanyak 150 Kabupaten, se-Indonesia. Dari Pemkab Morut diikuti Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. 



Selama berlangsungnya ajang pameran, Kabupaten Morut menampilkan produk pertambangan berupa feronickel dari PT.GNI, Ada juga beberapa perusahaan tambang yang ikut berpartisipasi terkait video investasi daerah yang di tayangkan di slide video yaitu PT Cocoman, PT. Trinusa Dharma Utama.

Produk perkebunan seperti TBS dan CPO dari PT. ANA. Produk UMKM khas Morut yang ditampilkan antara lain Keripik Boto Boto, Keripik Singkong/ubi dan beberapa Produk UMKM lainnya seperti produk dari entepreneur muda Bryando Galela; Rica Roa dan Rica Meti. 

Atas prestasi yang diraih, Bupati Morut Delis J Hehi memberikan apresiasi kepada Dinas terkait dalam ajang ini yang telah meraih salah satu juara kategori. 

"Jangan pernah puas dengan hasil yang diraih, tentunya ke depan kita harus semakin mengembangkan, memperbanyak tampilan produk serta membangun branding produk lokal kita lebih baik ke depan, baik di tingkat nasional maupun internasional, tetap semangat dan terus tingkatkan inovasi," ujar Delis Julkarson Hehi

Diungkap Delis, ajang pameran ini merupakan sarana mempromosikan produk lokal di ajang nasional. Tak hanya itu, dengan mengikuti kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan meningkatkan inovasi kedepannya, agar produk kerajinan lokal dan hasil bumi di daerah bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat, baik yang di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Sementara itu, penanggungjawab stand pameran AOE 2023 Heince F. Tumbel mengatakan prestasi yang diraih pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2023 merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten di bawah kepemimpinan Bupati Delis J. Hehi dan Wakil Bupati H. Djira K, untuk tahun 2023 Pemkab Morut menargetkan meraih salah satu kategori dan lebih memperkenalkan lagi produk UKM Morut. 

"Prestasi ini tentu tak lepas dari komitmen Pemkab Morut untuk mendorong pelaku UKM untuk lebih berinovasi, sehingga menjadi salah satu produk unggulan kita." tambah Heince. 

Seperti diketahui ajang pameran yang melibatkan hampir seluruh Kabupaten di Indonesia tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia H. Ma'ruf Amin.