UIN Datokarama Palu bersiap menjadi perguruan tinggi badan layanan umum

id UIN Palu,UIN Datokarama,Badan Layanan Umum,Profesor Sagaf Pettalongi,Blu uin palu

UIN Datokarama Palu bersiap menjadi perguruan tinggi badan layanan umum

Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf S Pettalongi menyampaikan arahan dalam sosialisasi persiapan pola pengelolaan keuangan BLU, di Palu, Senin (31/7/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bersiap menjadi perguruan tinggi dengan status Badan Layanan Umum (BLU) sebagai bentuk pengembangan kampus tersebut.

"Menjadi BLU merupakan satu upaya pengembangan untuk membangun kemandirian kampus," ucap Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf S Pettalongi di Palu, Senin, terkait kegiatan sosialisasi persiapan pola pengelolaan keuangan BLU.

UIN Datokarama Palu sebagai perguruan tinggi Islam negeri yang sedang berkembang, lanjutnya, saat ini sedang berupaya menjadi perguruan tinggi dengan status BLU.

Upaya ini diikutkan dengan sosialisasi persiapan pola pengelolaan keuangan BLU, yang melibatkan seluruh unit dan lembaga serta fakultas di lingkup perguruan tinggi tersebut.

BLU dalam melakukan pengelolaan keuangannya berdasarkan pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta pelayanan akademik guna menopang pengembangan perguruan tinggi dan meningkatkan kualitas akademik.

Rektor menegaskan upaya menjadi BLU untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggung jawab, dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat.

BLU merupakan bagian dari perangkat kemandirian lembaga UIN Datokarama Palu, kata dia, yang pengelolaannya ke depan dilakukan secara profesional, akuntabilitas, dan transparan, serta efisien.

"UIN Datokarama Palu terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan persiapan menjadi BLU," ungkapnya.