Pengunjung Taman Ismail Marzuki naik berkat desain baru

id Taman Ismail Marzuki ,Jakarta ,Pemprov DKI ,Pengunjung TIM

Pengunjung Taman Ismail Marzuki naik berkat desain baru

Salah satu "wajah" baru bangunan revitalisasi Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Jakarta Pusat. (ANTARA/HO-Jakpro)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan,Taman Ismail Marzuki yang hadir dengan desain baru mengalami peningkatan pengunjung setelah masa pandemi COVID-19 hingga tahun 2023 dengan rata-rata kunjungan 5.990 orang tiap bulan sepanjang semester pertama tahun ini.

Salah satu penunjang meningkatnya pengunjung TIM adalah wajah baru yang lebih hijau, ikonis, dan atraktif. 


"Ada kenaikan setelah masa pandemi COVID-19 berlalu, terlihat dari data pengunjung 2022 sangat tinggi dibandingkan tahun 2021," kata Iwan saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
 
Berdasarkan hasil rekapitulasi jumlah pengunjung Gedung Teater Jakarta pada Januari-Juli 2023, setiap bulannya mencapai sekitar 5.990 orang.

Iwan menyebut, total Pengunjung Gedung Teater Jakarta pada Januari hingga Desember 2021 mencapai 1.775 orang. Sedangkan Januari-Desember 2022 meningkat pesat menjadi 62.710 orang.
 
"Sejauh ini dari data Januari hingga kini sudah ada 41.935 orang," ujar Iwan.
Rata-rata usia pengunjung, kata Iwan kisaran 17-35 tahun. Dari pengunjung tersebut lebih banyak dari kalangan umum mengingat acara-acara di Gedung Teater Jakarta mayoritas dapat dinikmati beragam kalangan.
 
Lebih lanjut, Iwan mengatakan frekuensi waktu yang biasa pengunjung habiskan saat mengunjungi Taman Ismail Marzuki sekitar 1-2 jam lebih tergantung dengan acara yang diselenggarakan.

"Biasanya jam ramai pengunjung itu saat pukul 13.00 sampai 20.00 WIB," ujar Iwan.

Salah satu bagian yang menyedot pengunjung adalah perpustakaan di Taman Ismail Marzuki (TIM) yang menjadi wisata alternatif bagi orang tua mengajak anaknya untuk mengenal buku sekaligus menjadi opsi untuk menjauhkan anak dari bahaya kecanduan gawai elektronik. 

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki hadir dengan wajah baru yang ramah anak serta desain yang artistik. Sejumlah pengunjung merasa nyaman dengan lengkapnya fasilitas membaca, ruang multifungsi, ruang bermain anak, bilik cerita, co-working space, dan ruang siaran podcast.
 
Interior Perpustakaan TIM juga dibuat lebih indah dan Instagrammable sehingga bisa dijadikan tempat mengabadikan momen bersama keluarga atau teman.
 
Perpustakaan di TIM memiliki jam operasional Senin-Kamis pukul 09.00-17.00 WIB, Jumat-Minggu pukul 09.00-20.00 WIB.