Sigi perkuat silaturahim antar aparatur desa lewat sepakbola

id Pemkab Sigi,Dinas PMD,Andi Wulur,Liga Aparatur Desa,Aparatur desa sigi,Pemdes Sigi

Sigi perkuat silaturahim antar aparatur desa lewat sepakbola

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sigi Andi Wulur (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memperkuat hubungan silaturahim antar aparatur desa lewat sepak bola bertajuk liga aparatur desa, yang diikuti oleh seluruh aparatur desa di 176 desa se-Kabupaten Sigi. 

"Kegiatan ini untuk memperkuat hubungan sesama aparatur desa, yang kemudian diharapkan lewat kegiatan ini sesama pemerintah desa dapat saling bersinergi membangun desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sigi Andi Wulur di Sigi, Minggu.

Andi Wulur menegaskan bahwa liga aparatur desa, bukan suatu kompetisi yang mengejar kemenangan. Melainkan, sebagai suatu satu pendekatan pembinaan aparatur desa untuk menjunjung tinggi sportifitas dan berkolaborasi. 

Oleh karena itu, kata dia, melalui liga sepak bola tersebut diharapkan para aparatur desa membangun kebersamaan sesama pemerintah desa, untuk memaksimalkan pembangunan desa sesuai ketentuan perundang - undangan.

"Kami selaku Kadis PMD sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Ajang ini bukan untuk mencari menang atau kalah, ajang ini sebagai ajang silaturahmi dengan menjunjung nilai-nilai sportifitas," sebutnya.

Ia mengemukakan bahwa pemerintah desa beserta seluruh perangkat aparaturnya adalah tokoh masyarakat yang harus menjadi teladan. 

"Oleh karena itu, mereka harus memberikan contoh yang baik di masyarakat mengenai sportifitas dan membangun kerja sama antar semua pihak," ujarnya.

Andi Wulur mengatakan dalam penyelenggaraan pembangunan desa, pemerintah desa dan aparaturnya berhadapan dengan berbagai tantangan dan problematika yang beragam.

Oleh karena itu, kolaborasi dan sinergi sangat penting agar masalah - masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.

Dia mengatakan anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBN yang dikelola pemerintah desa harus menopang pencapaian target pembangunan daerah.

"Intervensi-intervensi pembangunan dilakukan berbasis desa, karena itu anggaran Dana Desa yang dikelola pemerintah desa, harus dapat menopang prioritas pembangunan," ucapnya.

Dia mengatakan salah satu prioritas pembangunan daerah yang diselenggarakan Pemkab Sigi penurunan angka kemiskinan. Intervensi penurunan kemiskinan, sejalan dengan target pemerintah pusat lewat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Oleh karena itu, ia menegaskan, perencanaan pembangunan di desa harus bisa mengakomodasi atau menindaklanjuti prioritas pembangunan yang telah diamanahkan pemerintah pusat dan disesuaikan dengan target prioritas pembangunan daerah.

Sepakbola bertajuk liga aparatur desa dilaksanakan oleh Pemkab Sigi di Lapangan Sepakbola Desa Langaleso, Kecamatan Dolo.

"Pada kegiatan nantinya, Dispora Sigi selaku pengarah kegiatan, akan siap membantu pihak panitia dalam menyediakan segala sesuatu guna hal-hal lain yang menyangkut teknis. Sedangkan terkait dengan bonus kegiatan, akan disiapkan langsung oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Sigi, Nuim Hayat," ungkapnya.