Kemenkumham Sulteng tingkatkan pelayanan salam, senyum, dan sapa

id Kanwil Kemenkumham Sulteng ,Pelayanan HAM bagi masyarakat ,Sulawesi Tengah ,Indek kepuasan masyarakat

Kemenkumham Sulteng tingkatkan pelayanan salam, senyum, dan sapa

Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian, Dan Pengembangan Hukum Dan Ham Fitriana Anas melakukan monitoring terhadap pelayanan Kanwil Kemenkumham Sulteng di Kota Palu, Sulteng, Rabu (11/10/2023). (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulawesi Tengah) meningkatkan dan membenahi pelayanan bagi masyarakat dengan pelayanan salam, senyum, dan sapa
 
"Kami berkomitmen untuk terus membenahi, meningkatkan serta menghadirkan pelayanan yang ramah untuk masyarakat, dan tentunya juga didukung dengan fasilitas penunjang," kata Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Sulteng Mangatas Nadeak di Palu, Rabu.
 
Dalam memaksimalkan pelayanan, Kanwil Kemenkumham Sulteng tidak hanya menerapkan prinsip pelayanan senyum, salam dan sapa. Namun, dalam segi fasilitas hingga pelayanan khusus pada kelompok rentan juga terus dibenahi.
 
Selain itu, kata dia, Kanwil Kemenkumham Sulteng juga telah mencapai predikat nilai sangat baik dalam survei Indeks Persepsi Anti Korupsi dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IPK/IKM) pada bulan September 2023.
 
Capaian tersebut diperoleh melalui Aplikasi dari Badan Strategi Kebijakan (BSK) yang memuat seluruh perolehan nilai dari Kanwil Kemenkumham Sulteng beserta 17 satuan kerja, baik pemasyarakatan dan keimigrasian yang berada di wilayah Sulawesi Tengah.
 
Kanwil Kemenkumham Sulteng memperoleh persentase nilai 94,75 persen atau 3,79 pada IKM dan 95,25 persen atau 3,81 pada IPK dari nilai maksimal yakni 4,00 serta berpredikat sangat baik dengan total responden sebanyak 94 partisipan.
 
"Hasil tersebut juga disusul dengan hasil positif dari seluruh satuan kerja lainnya yang memperoleh nilai sangat baik, oleh karena itu kami akan terus berupaya meningkatkan dan membenahi pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian, Dan Pengembangan Hukum Dan Ham Fitriana Anas menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan monitoring serta evaluasi terhadap pelayanan Kanwil Kemenkumham Sulteng hingga 17 satuan kerja (Satker) jajaran Kanwil.
 
“Kami terus memantau dan bertekad untuk terus membenahi segala kekurangan, berkolaborasi dengan berbagai stakeholder sehingga menciptakan inovasi untuk memberikan kepuasan layanan bagi seluruh masyarakat serta mendapatkan saran dan masukan dari mereka,” kata dia.