Meriahkan HUT Morut ke-10, lomba dragon boat diikuti pedayung nasional dari beberapa provinsi

id Morut,Lomba HUT Morut

Meriahkan HUT Morut ke-10, lomba dragon boat diikuti pedayung nasional dari beberapa provinsi

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Morut H. Djira K berlangsung di ruang rapat Sekda Morut di Kolonodale, Selasa (10/10/2023). ANTARA/HO-MCDD

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Perlombaan dragon boat (perahu naga) dalam rangka memeriahkan HUT ke-10 Kabupaten Morowali Utara dipastikan berlangsung meriah.

Perlombaan itu akan berlangsung di Tanggul Pelangi Kolonodale kawasan wisata Teluk Tomori, 16-18 Oktober 2023.

Sejumlah tim yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti perhelatan ini merupakan pedayung dan tim tangguh dari beberapa provinsi yang sudah sering mengikuti kejuaraan tingkat nasional.

Untuk mempersiapkan sekaligus mengecek persiapan, panitia lomba Dragon Boat dan Katinting Race menggelar rapat lengkap diikuti instansi terkait.

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Morut H. Djira K berlangsung di ruang rapat Sekda Morut di Kolonodale, Selasa (10/10/2023).

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Sekda Morut Musda Guntur, Kasatpol PP dan Damkar Morut Buharman Lambuli, Kasikum Polres Morut Iptu La Sida, wakil dari TNI-AL, Syahbandar Kolonodale, serta sejumlah perwakilan dari instansi terkait lainnya.

Ketua Panitia Perlombaan Dragon Boat dan Katinting Race, Muh Ridho, mengemukakan dragon boat dibagi dalam dua kelas yakni kategori umum dan lokal Morut.

Menurutnya, dari data beberapa tim yang sudah mendaftar, diketahui pesertanya rata-rata pedayung berpengalaman yang sering mengikuti kejuaraan atau perlombaan tingkat nasional. 

Hingga saat ini tim yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti perlombaan dragon boat di antaranya Poso, Parigi, Armada III Sorong (Papua Barat Daya), Buton Utara (Sultra), Luwu Timur (Sulsel), PODSI Makassar, Lantamal IV, SKO Sultra, Bontang (Kaltim), Sorowako (Sulsel), dan tim Morut selaku tuan rumah.

Sedangkan untuk kelas lokal, diikuti beberapa tim dari instansi, Desa Onepute, Gililana dan beberapa desa di sekitar pesisir Teluk Tomori.

Wabup H. Djira meminta kepada semua panitia dan instansi terkait untuk mempersiapkan semua rangkaian kegiatan dengan baik, cermat dan teliti.

"Ini event besar yang diikuti tim dari luar. Beri kenyamanan kepada saudara-saudara kita yang datang memeriahkan HUT Morut. Semua perlengkapan dan teknis perlombaan harus dijamin sesuai standard yang disyaratkan," jelasnya.

Wabup yang juga menjabat Ketua Umum Pengurus Kabupaten Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Morut itu, secara khusus minta kepada satuan TNI-Polri dan Pol PP untuk memberikan kenyamanan kepada setiap kontingen.

Sesuai jadwal yang disusun panitia lomba, katinting race (balap perahu katinting) dilaksanakan pada 13-14 Oktober, selanjutnya tanggal 14 malam technical meeting lomba dragon boat, tanggal 15 latihan pengenalan medan,  dan tanggal 16-18 Oktober perlombaan.

Selain memperebutkan piala bergilir dan trophy, panitia juga menyiapkan hadiah yang tunai untuk pembinaan.