Masyarakat dan civitas akademika UIN Datokarama Palu sholat minta hujan

id Sholat minta hujan ,Sholat istisqa,UIN Datokarama,UIN Palu,Gubernur Sulteng,Mui sulteng,El nino,Perubahan Iklim,Masyarak

Masyarakat dan civitas akademika UIN Datokarama Palu sholat minta hujan

Pelaksanaan sholat istisqa di kampus satu UIN Datokarama, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (7/11/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Masyarakat dan komponen civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama melaksanakan sholat berjamaah untuk meminta hujan atau sholat istisqa.

Pelaksanaan sholat istisqa berlangsung di kampus satu UIN Datokarama di Kota Palu, dan kampus dua perguruan tinggi tersebut di Kabupaten Sigi, Selasa.

Pelaksanaan sholat istisqa di kampus satu UIN Datokarama, dihadiri oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama masyarakat dan komponen civitas akademika.

Bertindak sebagai imam dalam pelaksanaan sholat tersebut ialah Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Tengah Habib Ali Bin Muhammad Al Jufri dan khatib Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir.

Sementara sholat istisqa di kampus dua UIN Datokarama di Kabupaten Sigi terlaksana berkat kerja sama antara perguruan tinggi tersebut dengan MUI Kabupaten Sigi dan pemda setempat.

Pelaksanaan sholat istisqa di dua tempat tersebut, juga dirangkaikan dengan sholat ghaib untuk para syuhada Palestina. Sholat ghaib ini sebagai wujud kepedulian sosial umat Islam Sulteng untuk Palestina.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura berharap sholat istisqa juga dilaksanakan di seluruh kabupaten se-Sulawesi Tengah sebagai upaya minimalisasi dampak perubahan iklim atau el-nino.

"Semoga dengan doa dan ikhtiar kita bersama, dijabah oleh Allah dengan membalas berupa hujan," ungkap Gubernur.

Gubernur menguraikan, berdasarkan data, Sulawesi Tengah masuk urutan ke empat daerah yang kurang terdampak el nino.

"Hal ini saya saksikan, saya melihat langsung daerah - daerah kita dan saya pantau melalui pesawat, demikian pula yang disampaikan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman bahwa Sulawesi Tengah merupakan daerah yang kurang mengalami efek el nino, Insya Allah negeri kita dirahmati oleh Allah,” sebutnya.

Sementara itu Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman Thahir dalam khutbahnya mengimbau kepada para jamaah agar senantiasa bermunajab dan meminta berkah agar hujan segera turun.

"Sudah terlalu lama manusia mengeksploitasi alam. Sekarang waktunya melestarikan alam dan mengambil peran serta bertanggung jawab merawat alam," imbuhnya.

Menurut dia, saat ini telah tampak kerusakan di muka bumi dan dampak buruk dari perubahan iklim. Untuk itu hendaklah manusia melakukan introspeksi diri dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan.

"Marilah kita bermunajat dengan hati yang khusuk. Ya Allah turunkanlah hujan kepada hambamu, hujan yang merata dan tidak berbahaya," imbuhnya.
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyampaikan sambutan pada pelaksanaan sholat istisqa di kampus satu UIN Datokarama, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (7/11/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)