Bupati Poso lantik Heningsi Tampai Sekda Kabupaten Poso

id Bupati Poso

Bupati Poso lantik Heningsi Tampai Sekda Kabupaten Poso

Sekertaris Daerah Saat menandatangani berita acara di depan Bupati Poso Verna Inkiriwang. ANTARA/HO-Pemda Poso

Poso, Sulteng (ANTARA) - Bupati Poso dr Verna GM Inkiriwang melantik  Ir Heningsih Tampai MSi menjadi Sekretaris Daerah Definitif Kabupaten Poso yang di laksanakan di Gedung Torulemba Poso, Senin.

Heningsi Tampai sebelumnya menjabat Pjs Sekertaris Daerah Kabupaten Poso yang menggantikan  Frits Sam Purnama, itu merupakan Sekda wanita pertama di Kabupaten Poso. 

Bupati Verna,  dalam sambutannya mengatakan  pelantikan yang dilaksanakan hari ini sudah melalui proses dan mekanisme yang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan pelantikan tersebut  adalah semata-mata untuk pemenuhan kebutuhan organisasi serta kelancaran jalannya tugas-tugas pemerintah daerah dalam melayani masyarakat serta membangun Kabupaten Poso.

Ia juga menekankan untuk selalu menjaga integritas dan etika dalam setiap tindakan dan keputusan. Sebagai pemimpin tertinggi di jajaran birokrasi, kejujuran dan keteladanan  akan menjadi pilar dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional. 

"Saya berharap agar sekda dapat memainkan perannya sebagai figur penghubung, mediator dan fasilitator, baik antar ASN, antar OPD dalam pemerintah daerah, serta antara pemerintah daerah dengan instansi vertical,” tegas Verna.

Dia mengingatkan untuk memimpin Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan mesin birokrasi pemerintah daerah dengan hati yang terbuka dan sifat inklusif. Melibatkan seluruh jajaran ASN dalam proses pengambilan keputusan, dengarkan aspirasi mereka, dan berperan aktif dalam pembinaan dalam rangka peningkatan kualitas sdm para ASN.

“Saudara memiliki peran kunci dalam menyelaraskan berbagai kebijakan untuk mencapai visi pembangunan yang berkelanjutan dan merata di seluruh pelosok kabupaten, fokuslah pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Sosialisasikan dan implementasikan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan efisiensi dan kepuasan masyarakat terhadap layanan public, lakukan evaluasi secara berkala terhadap serapan anggaran serta target capaian PAD, sehingga rencana kerja pemerintah daerah yang telah tertuang dalam RPJMD 2021-2026  dapat berjalan lancar dan tujuh pilar pembangunan dapat terwujud dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Poso. (Fer).