Capres Ganjar akui sudah lama tahu JK dukung AMIN

id Pemilu 2024,Pilpres 2024,Capres Ganjar Pranowo,Capres Anies Baswedan,Jusuf Kalla

Capres Ganjar akui sudah lama tahu JK dukung AMIN

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu (20/12/2023). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku sudah lama mengetahui Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mendukung pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).


"Kalau beliau kayaknya dari awal itu (dukung AMIN)," kata Ganjar di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu.

Ganjar menegaskan bahwa dukungan JK tersebut bahkan telah ada sebelum dirinya diumumkan sebagai bakal calon presiden oleh PDI Perjuangan.

"Enggak, beliau dari awal bahkan sebelum saya diumumkan (bakal calon presiden), beliau sudah ada di samping Anies. Kalau kami sudah tahu (lama)," katanya.

JK menyatakan dukungannya untuk pasangan AMIN di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 saat menghadiri acara Silaturahmi Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN di Gedung Islamic Center IMM, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/12).

JK bahkan melabeli Anies sebagai murid politiknya dan ia selama ini kerap memberi masukan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut perihal permasalahan bangsa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.