Juventus bangkit untuk menang 2-1 di markas Salernitana

id liga italia,juventus,salernitana,as roma,atalanta

Juventus bangkit untuk menang 2-1 di markas Salernitana

Penyerang Juventus Dusan Vlahovic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Salernitana, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Arecchi, Salerno, Minggu (7/1/2024). (ANTARA/AFP/CARLO HERMANN)

Jakarta (ANTARA) - Juventus bangkit dari ketertinggalan satu gol untuk meraih kemenangan 2-1 di markas Salernitana pada pertandingan Liga Italia di Stadio Arechi, Salerno, Minggu waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Juventus tetap menempel ketat pemuncak klasemen Inter Milan di posisi kedua dengan 46 poin, hanya terpaut dua poin. Sedangkan Salernitana terpuruk di dasar klasemen dengan 12 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kedua tim belum lama ini saling berhadapan di ajang Piala Italia. Pada pertandingan yang dimainkan pada Kamis (4/1) tersebut, Bianconerri mendulang kemenangan 6-1 di Turin.

Kali ini Federico Chiesa, Moise Kean, Andrea Cambiaso, Alex Sandro, dan Mattia De Sciglio absen bermain. Sedangkan di kubu tuan rumah, Boulaye Dia, Lassana Coulibaly, dan Jovane absen karena harus tampil di Piala Afrika.

Meski lebih banyak ditekan sejak awal pertandingan, Salernitana berhasil memecah kebuntuan terlebih dahulu pada menit ke-39. Loum Tchaouna mengirim bola dari tepi kotak penalti, untuk diterima Giulio Maggiore dan diteruskan dengan sepakan kaki kiri ke sudut atas gawang Juventus.

Sayangnya Maggiore justru harus meninggalkan lapangan lebih awal setelah mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-53, akibat pelanggarannya terhadap Adrien Rabiot.

Juve yang unggul jumlah pemain semakin mendominasi pertandingan. Mereka kemudian berhasil menyamakan kedudukan saat sepakan Dusan Vlahovic secara tidak sengaja menjadi assist bagi Samiel Iling Junior untuk menjadi gol pada menit ke-65.

Vlahovic lantas menjadi pahlawan Juve berkat gol penentu kemenangannya yang tercipta pada menit ke-91. Diawali pergerakan Danilo yang mengintersep operan, ia kemudian mengirim umpan silang dari sisi kanan untuk disambut tandukan Vlahovic yang berbuah gol.

Pada pertandingan lainnya, AS Roma dan Atalanta hanya mampu bermain imbang 1-1, untuk membuat mereka gagal mendekati empat besar. Roma kini berada di posisi kedelapan dengan 29 poin, sedangkan Atalanta di posisi keenam dengan 30 poin.

Tim tamu Atalanta memimpin terlebih dahulu saat pertandingan baru berlangsung delapan menit. Aleksei Miranchuk mengirim bola yang mampu disambar oleh Teun Koepmeiners yang menembus gawang Roma pada menit kedelapan.

Roma baru mampu menyamakan kedudukan berkat hadiah penalti pada menit ke-39. Matteo Rugeri kedapatan melanggar Rick Karsdorp di kotak terlarang. Bintang Argentina Paulo Dybala yang menjadi algojo Roma, sukses menjalankan tugasnya untuk mengecoh kiper Marco Carnesecchi.