Getaran kuat terasa di Almaty setelah gempa M6,7 guncang Kyrgyzstan

id Getaran, Almaty, Gempa, Kazakhstan, Kyrgyzstan

Getaran kuat terasa di Almaty setelah gempa M6,7 guncang Kyrgyzstan

(Fot: ilustrasi). ANTARA

Astana (ANTARA) - Getaran dahsyat berkekuatan 5 pada skala MPV (magnitute from P phase vertical) dirasakan di Almaty,  Kazakhstan, Selasa.

Guncangan juga terjadi di Astana, Shymkent dan lima wilayah, menurut laporan Kantor Berita Kazinform.

Menurut Pusat Ilmiah Nasional untuk Pengamatan dan Penelitian Seimologi dan Kementerian Darurat Kazakhstan, gempa berkekuatan 6,7 skala  MSK (Medvedev–Sponheuer–Karnik) terjadi pada pukul 00:09 waktu Almaty, 264 kilometer bagian tenggara Almaty, di wilayah Kyrgyzstan.

Koordinat gempa berada pada 41,22 LU, 78,65 BT. Guncangan berkekuatan 5 dan 2 skala MSK-64 masing-masing juga dirasakan di Almaty dan Shymkent, kata otoritas darurat.

Selain itu, guncangan juga dirasakan di Kota Astana dan di wilayah Almaty, Kazakhstan Timur, Zhambyl, Zhetysu dan Karaganda.

Semua lembaga pemerintah terkait telah diberi tahu. Infrastruktur penting sedang dipantau untuk melihat kemungkinan kerusakan, kata departemen darurat tersebut.

Getaran terus berlanjut selama beberapa menit. Banyak warga yang buru-buru meninggalkan rumah mereka dan turun ke jalan. Beberapa orang membagikan foto dan video tentang situasi yang terjadi di media sosial.

Getaran juga terasa di wilayah Zhetysu - Kota Taldykorgan, Kota Tekeli dan Distrik Panfilov. Tidak ada korban luka yang dilaporkan, menurut departemen darurat setempat.

Sumber: Kazinform