Capres Anies ajak warga Cianjur coblos paslon nomor 1 untuk perubahan

id Anies Baswedan,Cianjur,Perubahan,Pemilu 2024

Capres Anies ajak warga Cianjur coblos paslon nomor 1 untuk perubahan

Calon Presiden RI Anies Baswedan saat berkampanye. ANTARA/HO-Timnas AMIN

Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Anies Baswedan mengajak warga Cianjur untuk mencoblos pasangan calon nomor urut 1 dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang diselenggarakan pada 14 Februari untuk perubahan Indonesia yang lebih baik.

Anies mengatakan bahwa negeri ini harus berubah menjadi lebih baik. Untuk bisa berubah, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) harus menang dalam Pilpres 2024.

"Siap? Enam hari dari sekarang, kami membutuhkan kewenangan untuk perubahan," ujar Anies saat berkampanye menemui simpatisan dan sukarelawannya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/2).

Tanpa kewenangan, kata Anies, Indonesia tidak bisa melakukan perubahan. Maka dari itu, kewenangan tersebut harus didapat melalui perjuangan rakyat yang tak dibayar serta perjuangan dengan harga diri yang tidak diperjualbelikan layaknya warga Cianjur. Hal ini agar wibawa Indonesia bisa kembali.

Ia menilai warga Cianjur merupakan masyarakat yang luar biasa. Untuk itu, perkumpulan sukarelawan AMIN bersama Anies Baswedan di tempat tersebut bukan sekadar bertatap muka dan bertatap mata.

"Masyarakat kumpul di sini karena ingin mengubah. Kami tidak ingin ketimpangan diteruskan, ketidakadilan dilanjutkan," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun mengaku terharu menyaksikan semangat yang luar biasa dari masyarakat Cianjur untuk perubahan. Apalagi, warga Cianjur datang bukan karena ada "iming-iming" material, melainkan mereka datang karena membawa harapan dan ingin pulang menyaksikan adanya perubahan.

Pada hari Kamis (8/2), Anies berkunjung ke dua wilayah di Jawa Barat, yakni ke Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur. Di Cianjur, Anies menghadiri kampanye akbar di Lapangan Prawitasari dan mengunjungi posko sukarelawan.

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.