Lando Norris sangat bangga setelah raih kemenangan F1 pertamanya

id Lando Norris,McLaren,Formula 1 GP Miami,Formula 1,F1

Lando Norris sangat bangga setelah raih kemenangan F1 pertamanya

Pembalap McLaren asal Inggris, Lando Norris, terlempar ke udara saat timnya merayakan kemenangannya di Grand Prix Formula Satu Miami 2024 di Miami International Autodrome di Miami Gardens, Florida, pada Minggu (5/5/2024). (ANTARA/AFP/Giorgio Viera)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Mercedes Lando Norris merasa sangat bangga setelah memenangi Grand Prix (GP) Formula 1 pertamanya dengan memenangi GP Miami di Miami International Autodrome, Florida, Minggu waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Pembalap asal Inggris itu memimpin ketika Safety Car diturunkan pada lap 29 dari total 57 lap menyusul tabrakan antara Logan Sargeant dan Kevin Magnussen. Pada momen ini, Norris melakukan pit stop pada waktu yang tepat dan memimpin balapan di P1.

Norris finis di posisi terdepan dengan keunggulan 7,612 detik lebih baik atas Max Verstappen yang finis di posisi kedua sekaligus membuat pembalap Red Bull Racing itu gagal menjuarai GP untuk keduanya kalinya musim ini.

Kemenangan ini merupakan kemenangan seri F1 pertama bagi Norris sejak bergabung dengan F1 lima tahun lalu, setelah sebelumnya ia hanya meraih prestasi terbaik podium kedua, terakhir diraihnya pada GP China dua pekan lalu.

“Saya merasa bangga. Sepanjang akhir pekan berjalan baik, saya hanya mengalami sedikit kemunduran dalam perjalanannya," kata Norris, dikutip dari laman resmi F1, Senin.

Kemenangan ini, kata Norris, adalah berkat "strategi sempurna" McLaren.

“Saya tahu pada Jumat kami memiliki kecepatan, hanya beberapa kesalahan di sana-sini, namun hari ini kami berhasil menyatukannya. Kami menerapkan strategi sempurna bersama, semuanya membuahkan hasil," kata pembalap kelahiran Bristol itu.

"Terima kasih kepada McLaren, semuanya, dan tentu saja saya harus memberikan dukungan kepada ibu dan ayah saya," tambahnya.



Terakhir, pembalap kelahiran 13 November 1999 itu ditanya pesan apa yang ia sampaikan untuk tim, tempat ia menghabiskan seluruh kariernya di F1 hingga saat ini dan setelah 2025.

“Apa yang harus aku katakan pada mereka? Saya sungguh bangga,” jawab Norris.

"Banyak orang meragukan saya selama ini. Saya telah membuat banyak kesalahan selama lima tahun terakhir, karier singkat saya, tapi hari ini kami menggabungkan semuanya jadi ini semua untuk tim," tambahnya.

“Saya tetap bersama McLaren karena saya percaya pada mereka dan saya memang percaya pada mereka. Hari ini membuktikan hal itu," lanjutnya.

Kemenangan ini membuat Norris berada di posisi keempat klasemen sementara dengan 83 poin, selisih 53 poin dari pemuncak klasemen Max Verstappen.