BMKG imbau warga Palu tetap tenang usai diguncang gempa 3,8 magnitudo

id Sulawesi Tengah ,Gempa Bumi,BMKG ,Kota Palu

BMKG imbau warga Palu tetap tenang usai diguncang gempa 3,8 magnitudo

Ilustrasi peta gempa bumi di Kota Palu pada tanggal (6/6). ANTARA/HO - BMKG

Palu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengimbau masyarakat di Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) tetap tenang setelah terjadi gempa tektonik berkekuatan 3,8 magnitudo mengguncang 29 kilometer arah selatan Palu.
 


"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan II MMI di Sigi dan tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika Palu Sujabar melalui keterangan tertulisnya, Kamis.


 


Ia menuturkan kejadian gempa bumi itu terjadi pada tanggal (6/6) pukul 20.46 Wita dengan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.


 


"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M = 3.8 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.15 LS - 119.80 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 29 km arah selatan Palu, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 34 km,"ucapnya.


 


Sujabar mengatakan hasil monitoring BMKG hingga pukul 21.00 Wita belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).


 


Ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada jika terjadi gempa susulan dengan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.


 


"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang jika terjadi gempa susulan, "tuturnya.