KPU Parigi terima lima berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah

id Kpuparimo, Ariyana,Pilbupparimo, pencalonan, Parigi Moutong, Sulteng

KPU Parigi terima lima berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah

Ketua KPU Parigi Moutong Ariyana didampingi anggota memperlihatkan berita acara pendaftaran calon kepala daerah di Sekretariat KPU setempat di Parigi, Kamis (29/8/2024). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menerima lima berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2024 di kabupaten itu.


 


"Syarat pencalonan kepala dan wakil kepala daerah sudah sesuai, dan selanjutnya kami tindaklanjuti administrasi berkas bakal calon," kata Ketua KPU Parigi Moutong Ariyana usai pendaftaran calon kepala daerah di Parigi, Kamis.


 


Ia menjelaskan setelah pencalonan kemudian dilanjutkan dengan verifikasi dan penelitian administrasi dokumen bakal calon dilaksanakan selama tujuh hari, terhitung mulai 29 Agustus hingga 4 September 2024


 


Pada tahapan pendaftaran, penyelenggara membuka waktu tiga hari mulai 27-29 Agustus, di masa tersebut bakal pasangan calon mulai mendaftar di hari ke dua, Rabu (28/8) pada Pukul 14:00 Wita yakni pasangan M Nizar Rahmatu dan Ardi diusung empat partai politik


 


Kemudian hari ketiga, empat bakal calon mendaftar ke KPU setempat, yakni pasangan Badrun Nggai dan Muslih mendaftar pada Pukul 09:00 Wita diusung dua partai politik, kemudian pasangan Moh Nur Dg Rahmatu dan Arman Maulana mendaftar Pukul 11:00 Wita didukung dua partai politik.


 


Selanjutnya pasangan Amrullah S Kasim dan Ibrahim A Hafid diusung tiga partai politik, mereka mendaftar pada Pukul 14:00 Wita, serta bakal pasangan calon Erwin Burase dan Abdul Sahid diusung tiga partai politik sekaligus sebagai pendaftar terakhir pada Pukul 16:00 Wita.


 


"Kami sebagai penyelenggara teknis tentunya mengedepankan integritas dan profesional melayani bakal pasangan calon," ujarnya.


 


Ia memaparkan jadwal penelitian dokumen administrasi bakal calon bersamaan dengan jadwal pemeriksaan kesehatan para bakal calon mulai 27 Agustus hingga 2 September.


 


"Pemeriksaan kesehatan tidak berdasarkan urutan pendaftaran. Pihak RS Anutapura Palu telah mengeluarkan jadwal pemeriksaan mulai Pukul 07:00 Wita sampai dengan selesai," kata Ariyana menuturkan.