Untad menggandeng DSLNG tingkatkan kemampuan public speaking mahasiswa

id Palu,Untad Palu,Public Speaking ,DSLNG ,Universitas Tadulako

Untad menggandeng DSLNG tingkatkan kemampuan public speaking mahasiswa

Mahasiswa Fisip Universitas Tadulako saat mengikuti kegiatan Public Speaking yang digagas DSLNG dengan menggandeng Untad Palu, Senin (9/9/2024). (ANTARA/ho Mahasiswa PPL UIN Palu, Shinta dan Annas)

Palu (ANTARA) - Universitas Tadulako (Untad) menggandeng PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan public speaking mahasiswa di kampus itu.
 


Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untad Ilyas di Palu, Senin, mengatakan pentingnya peningkatan kemampuan mahasiswa Fisip khususnya pada bidang public speaking sehingga melahirkan insan yang terampil di tengah masyarakat.

 

"Kegiatan DSLNG Goes to Campus ini tentunya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan kesempatan besar buat mahasiswa agar bisa mengetahui cara mengatasi krisis komunikasi," kata Ilyas.

 

Ia mengemukakan program kolaborasi antara Untad Palu dan DSLNG sudah kali kedua dilakukan di Universitas Tadulako.

 

"Harapannya kegiatan dan program kolaborasi ini dapat terus berlanjut untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di Universitas Tadulako, khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik," ucapnya.

 

Menurut dia, mahasiswa penting memiliki soft skills terutama kemampuan komunikasi di era digital saat ini.

 

"Tentunya selain hard skills, soft skills seperti public speaking sangat dibutuhkan untuk meraih kesuksesan saat terjun di tengah masyarakat di masa mendatang," ujarnya.

 

Untuk materi yang disajikan selama kegiatan itu seperti, bagaimana media relations menghadapi krisis oleh External Communication Supervisor DSLNG Rahmat Azis dan Public speaking tentang Maksimalkan potensi komunikasimu oleh Public and Media Relations Officer DSLNG Reski Sululing.

 

Sementara itu Public and Media Relations Officer DSLNG Reski Sululing menuturkan pentingnya kepercayaan diri dan memahami audiens selama berbicara di depan panggung saat menjadi pembicara dalam sebuah kegiatan.

 

"Jadi saat public speaking perlu diingat adalah dalam penyampaian pesan harus jelas sebagai kunci menjadi public speaker yang baik," sebutnya.

 

Menurutnya, mahasiswa yang sebagai peserta dapat mengasah keberanian dan kemampuan berbicara di depan umum.

 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempersiapkan mental mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja," kata dia.

 

Program DSLNG Goes to Campus merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan tersebut terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah.

 

"Dengan memberikan pelatihan praktis, DSLNG berharap dapat mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan dunia kerja," ujarnya.*