Ormas miliki peran penting sukseskan Pilkada 2024

id Pemda Banggai ,Peran ormas,Pilkada 2024,Kabupaten Banggai ,Sulawesi Tengah

Ormas miliki peran penting sukseskan Pilkada 2024

Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai melaksanakan sosialisasi pemberdayaan ormas dalam mendukung Pilkada 2024 di Banggai, Jumat (4/10/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, mengatakan organisasi masyarakat (ormas) memiliki peran penting dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 
"Menghadapi Pilkada serentak 2024, berbagai tantangan yang kompleks termasuk meningkatnya ancaman informasi bohong atau hoaks, ujaran kebencian dan politisasi isu-isu sensitif dapat memecah belah masyarakat," kata Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Banggai Nurdjalal pada kegiatan sosialisasi pemberdayaan ormas tahun 2024 di Banggai, Jumat.
 
Oleh karena itu, kata dia, peran ormas sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2024. Ormas memiliki peran yang sangat penting menjaga kondusifitas serta stabilitas daerah dan agar pilkada dapat berjalan lancar, aman, dan damai.
 
Ia mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan wawasan tentang peran ormas dalam menyukseskan Pilkada aman dan damai.

Menurut dia, ormas memiliki peran untuk mengawal proses demokrasi dan menjadi pilar dalam pencegahan berbagai potensi konflik dan tantangan menjelang Pilkada di Kabupaten Banggai.
 
"Ormas, khususnya di kabupaten Banggai mampu berperan sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat serta menjadi pilar utama dalam upaya pencegahan dan penanganan berbagai potensi konflik sosial di daerah ini," ujarnya.
 
Oleh karena itu, ia mengharapkan sinergisitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dengan ormas terjalin semakin kuat untuk menyukseskan Pilkada 2024 di daerah ini.
 
Selain itu, ia berharap ormas dapat berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi politik sekaligus mendukung kualitas demokrasi karena keberadaannya di tengah masyarakat.