Gubernur: TdCC Kembali Digelar 2018

id tdcc

Gubernur: TdCC Kembali Digelar 2018

Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi bersama istri Ny Zalzulmida Aladin Djanggola (Antarasulteng.com/Jafar G Bua)

Kita inginkan TdCC tahun depan lebih meriah dari sebelumnya
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan balap sepeda wisata internasional `Tour de Central Celebes/TdCC` direncanakan kembali digelar pemerintah provinsi setempat pada 2018 dengan rute yang lebih panjang dari TdCC sebelumnya.

"Kita rencanakan kembali pelaksanaan TdCC pada 2018 dengan rute yang lebih panjang dengan lima etape," kata Gubernur saat rapat evaluasi pelaksanaan TdCC 2017, di Gedung Pogombo Kantor Gubernur, Rabu.

Pada kesempatan itu, Longki menjelaskan rencana pelaksanaan kegiatan berskala internasional itu akan melintasi lima kabupaten dan satu kota, yakni Kabupaten Luwuk Banggai, Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Sigi dan Donggala serta finish di Kota Palu.

"Kita ambil star dari Kabupaten Luwuk Banggai dengan rute yang ditempuh sepanjang kurang lebih 840,9 kilometer," katanya.

LOngki mengatakan salah satu alasan sehingga TdCC digelar kembali tahun depan, karena Sulteng dianggap sukses melaksanakan TdCC yang baru terlewatkan oleh pihak Commisioner Union Cyclist International (UCI).

"Kita inginkan TdCC tahun depan lebih meriah dari sebelumnya," papar Longki.

TdCC yang telah sukses digelar itu bertujuan untuk mempromosikan sejumlah keunggulan wisata di provinsi tersebut.

Longki juga mengaku, dalam pelaksanaan TdCC sebelumnya, belum sempurna, khususnya mengenai rute karena H-1 pelaksanaan kegiatan, organisasi perangkat daerah terkait masih melakukan pembenahan rute.

"Olehnya ke depan kelemahan serta kekurangan ini kita jadikan pelajaran, sehingga kegiatan ini lebih baik lagi," katanya.

Sementara, Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulteng, Hasan menyampaikan, ISSI telah merancang rute untuk pelaksanaan TdCC 2018 dengan melibatkan sejumlah pengatur teknis lomba.

Hasan menguraikan, rencana rute yang telah disusunnya telah menetapkan etape satu star dari depan kantor Bupati Luwuk dan finish di depan kantor Camat Bunta, Kabupaten Banggai dengan jarak sekitar 150 kilometer.

Selanjutnya etape dua, star dari Desa Balingara, Ampana Kabupaten Tojo Unauna dan finish di depan Mapolres Kabupaten Poso dengan jarak tempuh kurang lebih 200 kilometer.

Etape tiga, para pebalap dimobilisasi ke Danau Poso sebagai titik star dan finish di Kabupaten Parigi Moutong dengan jarak sekitar 192,9 kilometer.

Sedangkan etape empat, peserta lomba star kembali di Desa Katulistiwa, Parigi Moutong dan finish di depan kantor Bupati Kabupaten Sigi dengan jarak tempuh 174 kilometer.

Sementara etape lima dalam perencanaan rute, star dari Surumana Kabupten Donggala dan finish di depan kantor Gubernur Sulteng dengan jarak tempuh sekitar 124 kilometer.

Perencanaan rute yang ditawarkan ISSI Sulteng ini belum disepakati dan akan dibahas kembali pada rapat teknis selanjutnya.

Sementara itu Gubernur Longki, kembali menyampaikan draf penawaran MoU ditujukan ke kepala-kepala daerah di Sulteng mengenai rencana pelaksanaan TdCC 2018 nanti akan segera dirampungkan.

"Insya Allah jika tidak ada halangan, saya akan undang para bupati dan wali kota yang daerahnya dilalui kegiatan TdCC untuk duduk bersama pada awal Desember 2017," katanya.(skd)