KBRI adakan "Flash Mob" angklung di Praha

id angkulung

KBRI adakan "Flash Mob" angklung di Praha

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha bekerjasama dengan saung angklung Mang Udjo dan didukung oleh Telkomsel mengadakan 'flash mob" angklung di kota Praha, Ceko. (ist)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha bekerjasama dengan saung angklung Mang Udjo dan didukung oleh Telkomsel mengadakan 'flash mob" angklung di kota Praha, Ceko.

KBRI mengundang penduduk kota Praha untuk membawakan berbagai lagu secara bersama-sama menggunakan alat musik angklung, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Alunan nada-nada yang indah dari angklung bergema di di depan Galerie Rudolfinum di kota Praha pada Sabtu (3/3). Terlebih, suhu dingin -5 derajat Celcius justru menjadi penyemangat sekitar 120 peserta "flash mob" angklung yang diselenggarakan di salah satu titik ramai di kota Praha yang cantik tersebut.

Diawali dengan pengenalan alat musik angklung, para peserta diajak untuk memainkan angklung dengan nada-nada lengkap dari do rendah menuju do tinggi.

Para peserta sangat terkesima ketika mengetahui bambu-bambu yang dirangkai tersebut dapat menghasilkan harmoni nada yang sangat indah.

"Ini pengalaman yang baru bagi saya dan saya sangat terkesan, sangat indah!," ujar Petr salah satu peserta yang berasal dari kota Praha.

Harmoni nada-nada tersebut mengalun indah melalui pembawaan beberapa lagu, diantaranya Kasih Ibu dan Tanah Air. Lia, dirijen yang berasal dari saung angklung Mang Udjo, menyampaikan kekagumannya terhadap antusiasme dari para peserta di kota Praha.

 "Semangat mereka dalam mencoba hal baru membuat saya semakin percaya diri dalam memimpin lagu. Saya berharap semakin banyak orang kenal dengan angklung," ujar Lia.

Kegiatan pengenalan kesenian tradisional Indonesia akan terus digalakkan oleh KBRI Praha untuk semakin memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, salah satunya melalui angklung.

KBRI berharap promosi budaya Indonesia tersebut dapat menarik lebih banyak wisatawan dari Republik Ceko, yang pada 2017 mencatatkan peningkatan yang signifikan, yaitu sejumlah 10 persen dari tahun sebelumnya atau berkisar lebih dari 19.000 orang.