Bupati Poso harap tanggap darurat dari pemerintah pusat

id Poso,banjir,jembatan

Bupati Poso harap tanggap darurat dari pemerintah pusat

Bupati Poso Darmin Sigilipu (kanan) saat meninjau jembatan gantung yang putus akibat banjir. Jembatan sepanjang 150 meter tersebut menghubungkan tiga desa. Bupati segera melakukan upaya penanganan darurat pascabanjir di Poso Rabu pekan lalu. (Fery Timparosa)

Khususnya jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tangkura, Padalembara dan Betalemba. Ini segera disikapi karena dalam waktu dekat anak SD di desa itu menghadapi ujian nasional
Poso (Antaranew Sulteng) - Bupati Poso, Sulawesi Tengah, Darmin Sigilipu berharap bantuan pemerintah pusat untuk menangani sejumlah infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang yang melanda sejumlah titik di daerah itu pekan kemarin.

"Khususnya jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tangkura, Padalembara dan Betalemba. Ini segera disikapi karena dalam waktu dekat anak SD di desa itu menghadapi ujian nasional," kata Bupati Darmin di Poso, Minggu.

Darmin mengaku prihatin dan akan melakukan langkah-langkah strategis dalam penyelesaian sejumlah hambatan pascabanjir.

Banjir yang menerjang sejumlah kecamatan di kabupaten itu mengakibatkan jembatan gantung sepanjang 150 meter putus. Jembatan itu menghubungan tiga desa yaitu Desa Tangkura menuju Desa Padalembara dan Betalemba. 

Banjir juga menyapu kebun-kebun masyarakat di sepanjang sisi kiri dan sisi kanan sungai Puna serta puluhan ternak hanyut terbawah air, sejumlah sekolah juga dimasuki air. 

Selain memicu naiknya permukaan air sungai di sejumlah lokasi, hujan juga menimbulkan bencana tanah longsor membuat jalur lalu lintas dari Poso menuju Kecamatan Lore Timur, Lore Barat, Lore Utara dan Lore Tengah sempat terputus selama dua hari.

Namun kini arus lalulintas sudah normal kembali setelah kendaraan alat berat dikerahkan menuju lokasi titik longsor.***