Pemda Banggai siapkan Rp2,5 miliar sukseskan TdCC 2018 (vidio)

id BANGGAI,BUPATI BANGGAI,HERWIN,TDCC

Pemda Banggai siapkan Rp2,5 miliar sukseskan TdCC 2018 (vidio)

Bupati Banggai Herwin Yatim (kiri) siap-siap mengikuti lomba sepeda santai di Anjungan Nusantara Teluk Palu, Minggu (24/6), yang dilepas Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola (kedua kanan-berdiri). (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)

Herwin Yatim: kita berusaha memuaskan semua pihak dalam pembukaan TdCC nanti
Palu (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, menyediakan anggaran sebesar Rp2,5 miliar untuk menyukseskan lomba balap sepeda internasional Tour de Central Celebes (TdCC) II pada 17-22 Oktober 2018 yang akan dimulai di Kota Luwuk, ibu kota kabupaten itu.

"Alhamdulillah, kontribusi Banggai ini merupakan yang terbesar di antara enam kabupaten dan satu kota yang terlibat langsung dalam TdCC nanti," kata Bupati Banggai Herwin Yatim kepada Antara di sela pembukaan lomba sepeda santai yang dilepas Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi di Anjungan Nusantara Kota Palu, Minggu.

Herwin yang didampingi Sekda dan Kadis Pariwisata Banggai mengatakan bahwa pemda dan masyarakat Banggai sangat bangga karena Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menetapkan Kota Luwuk, sebagai tempat pembukaan TdCC dan titik star etape pertama lomba tersebut.

Baca juga: Tour de Central Celebes II digelar 17-22 Oktober 2018 (Video)

"Jadi bukannya karena kami banyak uang sehingga memberi kontribusi terbesar dalam TdCC II-2018 itu, tetapi ini merupakan sebagai wujud kebanggaan kami sebagai titik star dan kami ingin fokus untuk menyukseskan lomba skala internasional itu," ujarnya.

Selain dana Rp2,5 miliar yang disetorkan ke Panitia Provinsi TdCC, Pemda Banggai juga menggelontorkan dana yang cukup besar untuk membangun infrastruktur, sarana dan fasilitas di kawasan Teluk Lalong, sebuah ruang terbuka hijau (RTH) yang akan menjadi lokasi pembukaan TdCC.

Di lokasi itu, kata Herwin, pihaknya akan menggelar berbagai atraksi seni dan budaya serta kuliner untuk menghibur para pebalap serta pengunjung yang diperkirakan akan memadati Kota Luwuk pada beberapa hari menjelang pelepasan pebalap untuk menempuh Etape I.
 
Bupati Banggai Herwin Yatim (tengah) bersama Sekda Banggai (kiri) dan Kadis Pariwisata Banggai (kanan) sebelum mengikuti lomba sepeda santai di Anjungan Nusantara Teluk Palu, Minggu (24/6), yang dilepas Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola. (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)

Pemda juga akan memperkenalkan dan menjual obyek-obyek wisata menarik yang ada di daerah itu serta berbagai potensi ekonomi di berbagai sektor yang menanti jamahan para investor baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kami yakin bahwa penetapan Kota Luwuk sebagai titik star TDCC akan memberikan pengaruh yang besar terhadap pengembangan Kota Luwuk dan Banggai pada umumnya sebagai daerah tujuan wisata dan tempat investasi yang menarik di masa mendatang. Karena itu kami sangat maksimal dan fokus untuk mempersiapkan acara ini termasuk promosinya, agar semua pihak bisa puas," ujarnya.

Baca juga: Jalan nasional Palu-Luwuk mulus sebelum TDCC digelar

TDCC II-2018 akan menempuh rute hampir 800 kilometer yang terbagi dalam enam etape dari Kota Luwuk ke Kota Palu dengan melintasi Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Donggala dan Sigi.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola berharap TdCC 2018 akan diikuti lebih banyak pebalap mancanegara karena mulai 2018 ini, TdCC sudah akan masuk dalam UCI race point, sehingga seluruh pebalap akan mendapatkan point yang diakui oleh UCI untuk pemeringkatan pebalap sepeda secara internasional.

Selain itu, TdCC II-2018 akan meningkat hadiahnya karena nomor-nomor lomba yang menyediakan bonus-bonus menarik akan bertambah jauh lebih banyak dibanding TdCC I-2017, sebab TdCC II ini akan mencakup enam etape dari sebelumnya hanya tiga etape.