Dubes RI untuk australia promosikan kuliner Indonesia

id kuliner

Dubes RI untuk australia promosikan kuliner Indonesia

DOKUMENTASI, Kementerian Pariwisata menampilkan berbagai masakan Indonesia yang disajikan secara menarik dan mengundang selera dalam salah satu stand di Festival Taste of Amsterdam tahun ini Indonesia mengusung Exotic Taste of Indonesia. (Foto Antara/Zeynita Gibbons)

 Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Duta Besar RI untuk Australia, Y. Kristiarto S. Legowo yang selama ini aktif melakukan diplomasi kuliner di Australia kali ini memopulerkan makanan Indonesia di depan para anggota parlemen, senator dan pebisnis Negara Kangguru itu.

"Diplomasi kuliner tersebut melalui kegiatan bertema 'A Taste of  Indonesia' yang diselenggarakan oleh Australia-Indonesia Parliamentary Friendship Group (AIPFG) dan Australia-Indonesia Business Chapter Australia Capital Territory (AIBC-ACT) di Gedung Parlemen Australia," demikian siaran pers KBRI Canberra yang diterima di Jakarta, Selasa.

Makanan Indonesia yang disuguhkan kepada para tamu yang hadir, baik dari kalangan politisi, pebisnis Australia dan mantan duta besar Australia di Indonesia hingga mahasiswa, memang istimewa, yakni rendang, sate ayam lengkap dengan lontong dan risoles.

Dihadirkannya rendang dan sate ayam, bukannya tanpa maksud khusus. Kedua jenis kuliner tanah air ini, pada tahun 2017 menyabet urutan pertama dan kedua sebagai makanan terenak di dunia atau "Worlds 50 Best Food" berdasarkan survei CNN. Kedua jenis makanan tersebut secara khusus dibuat oleh Koki Wisma Duta Besar RI.

Diplomasi kuliner Indonesia tersebut bahkan dihadiri oleh tiga menteri Australia sekaligus, yaitu Menteri Luar Negeri Julie Bishop, Menteri Pariwisata, Perdagangan dan Investasi Steven Ciobo dan Menteri Pembangunan Internasional dan Pasifik, Concetta Fieranti-Wells.

Menurut Dubes Kristiarto yang malam itu juga turut mempromosikan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, diplomasi kuliner dan budaya selain dapat mendongkrak antusiasme publik Australia untuk berkunjung ke Indonesia, juga berperan penting dalam memperkuat hubungan antar masyarakat kedua negara.

"Makanan dapat menjadi faktor perekat antar bangsa," katanya.

Untuk memberikan suasana khas Indonesia, selain iringan musik gamelan Jawa yang dimainkan oleh para pemain gamelan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra, juga ditampilkan Tari Saman dari Aceh yang sebagian penarinya adalah warga Australia.

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar