Bank Sulteng Poso ancam pindahkan proyek air bersih Bukit Bambu

id Poso,bukit bambu,air bersih,bank sulteng

Pipa air bersih bantuan Bank Sulteng ke Desa Bukit Bambu yang dirusak oknum-oknum tak bertanggung jawab. (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Poso (Antaranews Sulteng) - Bank Sulteng Cabang Poso akan memindahkan bantuan proyek air bersih yang semula dialokasikan di Kelurahan Bukit Bambu, Kecamatan Poso Kota Selatan, ke daerah lain karena sering terjadi pengrusakan pipa air oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Saya menduga ada sejumlah oknum yang tidak mau air bersih masuk Bukit Bambu, jadi kemungkinan besar proyek itu akan kami pindahkan ke daerah lain," ujar Menejer Bank Sulteng Cabang Poso Mario Kabo di Poso, Rabu.

Menurut Mario Kabo, selain kerusakan pipa itu, juga sering terjadi air bak penampungan dihabiskan agar air tidak dapat mengalir lagi. 

Mario mengaku berencana melaporkan hal itu ke pihak berwajib dan akan melakukan pertemuan dengan warga setempat bersama pemerintah untuk membicarakan kelanjutan proyek tersebut. 

Dia menjelaskan pipa-pipa itu sengaja dilepas karena sambungan-sambungan pipa berukuran 2 inchi itu, direkatkan dengan lem pipa khusus sehingga posisinya sangat kuat.

"Kalau tercabut karena derasnya air, tidak masuk akal, sebab sambungan pipa itu dilem sangat kuat  menggunakan kuas," akunya.

Akibat kerusakan yang sering terjadi itu, banyak waktu yang digunakan turun lapangan, juga uang pribadinya banyak dihabiskan untuk gaji harian para pekerja pipa air.

"Kalau begini terus habis uang dan waktu saya untuk turun tangan lapangan," tuturnya.

Proyek bantuan air bersih dengan sistem hidran dari Bank Sulteng Poso itu bernilai Rp300 juta dan pengerjaannya telah mencapai 95 persen, namun akibat sering dirusak, air belum juga sampai di permukiman penduduk Kelurahan Bukit Bambu. 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar