Bupati Poso puji warganya semakin sadar lingkungan

id POSO,SAMPAH,BERAS

Bupati Poso puji warganya semakin sadar lingkungan

Bupati Poso Darmin Sigilipu menyaksikan penimbangan sampah di tempat pengolahan sampah TPA M

Poso (Antaranews Sulteng) - Bupati Poso Sulawesi Tengah Kol Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, Rabu, meninjau  kegiatan pengelolaan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) di kelurahan Kayamanya untuk memastikan sejauh mana proses pengolahan sampah sejak TPA modern itu diresmikan beberapa waktu yang lalu.

Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup serta seluruh karyawan dan anggota bank sampah yang telah melaksanakan tugas dan peduli terhadap permasalahan sampah di Kabupaten Poso, sehingga dari waktu ke waktu Kota Poso tampak semakin bersih. 

Bahkan yang sangat membanggakan, kata bupati, adalah masyarakat semakin sadar dengan  melihat sampah tidak sekedar sebagai benda yang harus dibuang atau dimusnahkan tetapi dapat dikelola kembali menjadi sesuatu yang dapat dijual guna menambah penghasilan masyarakat.

Seperti kelompok bank sampah Lipu Magali Tegalrejo, dalam 7 ton sampah yang dikelola, mampu menghasilkan uang sebesar Rp15.000.000. Sampah-sampah tersebut dikelola dan diurai sesuai jenisnya seperti plastik, kertas dan logam yang kemudian dijual dengan harga 1.500/kg s/d 3.500/kg.

Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Poso saat terus berupaya mewujudkan target menjadikan Kabupaten Poso yang bersih dari sampah di setiap wilayah perkotaan maupun pedesaan. 

Untuk mewujudkan tujuan tersebut dilakukan dengan cara antara lain penyempurnaan norma, standar, kriteria dan regulasi daerah terkait tata kelolah persampahan.

Pengalokasian anggaran untuk penyediaan sarana dan prasarana serta fasilitas dan pengelolaan sampah, Mmngembangkan dan menerapkan inovasi terkait sistem dan teknologi sebagai kebiasaan terbaik dalam pengelolaan sampah. 

Juga memfasilitasi masyarakat dan dunia usaha untuk terlibat aktif dalam pengelolaan sampah serta mengedukasi masyarakat dan para siswa untuk lebih disiplin dalam pengelolaan sampah.

Dengan berbagai upaya dan langkah-langkah strategis yang dilakukan secara terpadu bersama pemerintah, swasta dan seluruh masyarakat serta pemerhati sampah, diharapkan mimpi/cita-cita kita untuk meraih Piala Adipura ke depan akan bisa terwujud, kata bupati.

Pada kunjungan itu bupati juga mengecek persediaan logistik khususnya beras dan meminta Bulog agar tetap menjaga ketersediaan beras apalagi saat ini Poso sedang menghadapi pengungsi korban bencana gempa dan tsunami Palu-Donggala-Sigi-Parimo (PPID Poso)
Bupati Poso Darmin Sigilipu saat berada di Gudang Beras Bulog Poso, Rabu (10/10) (Antaranews Sulteng/PPID Poso)