Masyarakat Tomini nikmati Pamsimas

id Pamsimas, tomini, Parigi moutong

Masyarakat Tomini nikmati Pamsimas

Bupati Parigi Moutong, Samaurizal Tombolotutu meresmikan Pamsimas di Desa Spontan Kecamatan Tomini, Selasa (19/2). (Antaranews Sulteng/Humas Pemda)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Harapan masyarakat Desa Spontan, Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah untuk memiliki sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) akhirnya terwujud. 

Pamsimas yang dibangun dengan dana stimulan bersumber dari APBN senilai Rp270 juta itu mulai beroperasi setelah diresmikan Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tobolotutu di desa Spontan Kecamatan Tomini, Selasa.

Persemian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Samsurizal Tombolotutu didampingi Kadis PUPRP Kabupaten Parigi Moutong, Camat Tomini, Kades Spontan serta tokoh maayarakat setempat.

Bupati H Samsurizal Tombolotutu meminta Pemerintah Desa Spontan agar memanfaatkan dengan baik Pamsimas yang telah dibangun itu untuk menunjang bebutuhan air minum bagi masyarakat di wilayah itu. 

Ia juga meminta Pemerintah desa setempat merawat dengan baik infrastruktur dasar masyarakat itu karena telah menjadi aset desa "Pamsimas ini telah menjadi aset desa. Oleh karena itu, saya minta pelihara dan rawat aset desa ini dengan baik," pinta bupati.

Terkait pengembangan aset desa itu kedepan, Bupati meminta pemerintah desa Spontan melakukan pengelolaan melalui sumber pembiayaan dari dana desa maupun iuran konsumen "Pemerintah desa silakan dikelola dan diatur bagaimana pengembangan dan pemeliharaan Pamsimas ini kedepan. Bisa melalui dana desa atau iuran konsumen yang disepakati bersama masyarakat," ujarnya.

Ia berharap dengan manajemen  pengelolaan dan perawatan yang baik oleh pemerintah desa, infrastruktur dasar masyarakat itu bisa dipergunakan dalam waktu yang lama.

Selain melakukan serah terima dan peresmian Pamsimas di Tomini, Bupati Samsurizal juga bertemu dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Parigi Moutong di Hotel Siavu serta membuka sosialisasi penerimaan Pegawai P3K bagi tenaga guru di aula Serba Guna Tinombo. (Humas Pemda Parigi Moutong)