Kominfo sediakan platform cari kerja lewat Simonas

id simonas,kominfo,menkominfo,rudiantara

Kominfo sediakan platform cari kerja lewat Simonas

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat meresmikan platform bursa kerja Simonas di Kompleks Kominfo, Kamis (5/9/2019). (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Indonesia, mulai dari tahun 2015-2016, membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan platform bursa kerja bidang teknologi informatika, terutama untuk lulusan program Digital Talent, bernama Simonas.

"Indonesia, mulai dari tahun 2015-2016, membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital," kata Menteri Kominfo Rudiantara saat acara peresmian di Jakarta, Kamis.

Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi atau Simonas, merupakan platform untuk mempertemukan tenaga dalam bidang teknologi informatika dengan perusahaan. Pengguna dapat bergabung ke platform ini sebagai pencari kerja atau pencari tenaga kerja.

Sama seperti platform pencarian kerja lainnya, pencari kerja dapat mengunggah profil dan curriculum vitae di Simonas dan mendaftar ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja sesuai dengan keahlian mereka.

Sementara bagi industri, mereka dapat memberikan informasi mengenai talenta seperti apa yang mereka butuhkan di perusahaan.

Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, menyatakan saat ini ada sekitar 50 perusahaan yang bergabung dengan platform Simonas.

Platform ini tidak hanya dapat digunakan oleh alumni program Digital Talent Kominfo, publik juga dapat mendaftar sebagai pencari kerja di Simonas.

Staf Ahli Kominfo Bidang Kebijakan Digital Dedy Permadi menyatakan platform Simonas dapat digunakan secara gratis.