Sekam Padi Jadi Alternatif Bahan Bakar Pabrik Semen

id sekam, padi

Sekam Padi Jadi Alternatif Bahan Bakar Pabrik Semen

Ilustrasi- Pekerja memanen padi (ANTARA/Fiqman Sunandar)

Efisiensi energi pemanfaatan bahan bakar alternatif, kita gunakan sekam padi untuk menggantikan batu bara ini menghemat...
Cilacap, Jawa Tengah (antarasulteng.com) - Sekam padi menjadi alternatif bahan bakar di pabrik semen PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap sehingga mampu menghemat pengeluaran dan meningkakan ekonomi rakyat.

"Efisiensi energi pemanfaatan bahan bakar alternatif, kita gunakan sekam padi untuk menggantikan batu bara ini menghemat," kata Environment and Quality System Superintendent PT Holcim Widjayadi di Cilacap Jawa Tengah, Rabu.

Widjayadi menjelaskan, dengan menggunakan sekam padi perusahaan bisa menghemat sampai 14 ribu ton batu bara atau 2-3 tongkang pada 2010.  Sementara pada 2012 bisa menghemat sampai 17 ribu ton batu bara. Penggunaan energi alternatif tersebut dirintis PT Holcim sejak 2002.

Selain menghemat pengeluaran perusahaan, pemanfaatan sekam padi juga meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja.

"Kita melibatkan masyarakat juga dimana sebanyak 450 tenaga kerja terlibat dalam aktifitas ini," ujar Widjayadi.

PT Holcim Pabrik Cilacap telah meraih penghargaan Proper Emas tiga kali berturut-turut sejak 2010 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Selain pemanfaatan energi alternatif beberapa kinerja lingkungan lainnya yang berhasil dicapai PT Holcim Pabrik Cilacap antara lain mendapat penghargaan Ozon Award dari KLH atas upaya pelestarian lapisan ozon.

Juga melakukan efisiensi pemakaian energi listrik sebesar 4,8 kWh/t-cement atau atau lima persen dari 2010.(SKD)