DSLNG dan Masyarakat Lamo Peduli Lingkungan

id DSLNG

DSLNG dan Masyarakat Lamo Peduli Lingkungan

Masyarakat Desa Lamo dan karyawan DSLNG keliling desa untuk membersihkan perumahan dalam kegiatan 'Jalan Sehat Peduli Sampah' di Lamo, Minggu (12/1) (ANTARA/Stevan Pontoh)

Luwuk (ANTARA) - Ada banyak cara kreatif menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Salah satunya adalah yang dilakukan PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) bersama masyarakat Kelurahan Lamo, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, melalui kegiatan Jalan Sehat Peduli Sampah.

Dalam kegiatan yang digelar pada Minggu (12/1) pagi itu, masyarakat berolah raga sembari membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka.

Sebanyak 200-an peserta yang terdiri atas masyarakat Kelurahan Lamo, Pemerintah Kecamatan Batui, dan karyawan DSLNG dengan antusias jalan pagi sembari memunguti sampah yang dijumpai sepanjang jalan. Suasana semakin meriah dengan pemberian hadiah menarik bagi para pemungut sampah dengan jumlah terbanyak.

Kegiatan yang pertama kali digelar ini merupakan inisiatif Lembaga Pengelolaan Sampah (LPS) Nusantara yang merupakan mitra binaan program CSR DSLNG di Kelurahan Lamo.

Baca juga: UMKM binaan DSLNG mulai ekspansi pasar keluar Banggai
Baca juga: DSLNG kembali bantu pengobatan dan sunat massal bagi warga


Lembaga ini didirikan oleh kelompok muda Lamo dan didukung para pegiat pencinta alam. Jalan sehat menjadi aksi nyata LPS Nusantara dalam mengajak masyarakat Lamo agar menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan mereka dengan lebih peduli pada isu sampah.

Dalam pelatiha yang digelar oleh DSLNG pada Desember 2019, LPS Nusantara telah mendapat pelatihan pengolahan sampah rumah tangga. Mereka antara lain belajar dan mencoba langsung cara mengelola sampah berbahan kertas menjadi produk olahan yang bernilai lebih.

Dari kegiatan jalan sehat terkumpul sekitar 600 kilogram sampah yang didominasi oleh sampah organic seperti botol minuman kemasan, dan sampah non organik seperti kertas dan sisa makanan.

Dalam kesempatan itu, Camat Batui Hariyanto K. Galib mengingatkan masyarakat agar menjaga kebersihan dan salah satunya menekankan agar tidak membuang sampah ke laut.

Sementara itu, CSR Manager DSLNG Pandit Pranggana menghimbau masyarakat agar lebih peduli terhadap sampah dengan mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang sampah. 

Baca juga: Konsisten pada komitmen, DSLNG serahkan lagi beasiswa untuk 69 siswa Banggai
Baca juga: Sekolah Lapang Pertanian DSLNG raih penghargaan TKMPN 2019
Pembagian hadiah kepada masyarakat dalam kegiatan 'Jalan Sehat Peduli Sampah' di Lamo, Minggu (12/1) (ANTARA/Stevan Pontoh)