RSI pastikan ikan nila diolah dengan standar mutu

id Ikan nila, regal spring indonesia, ikan tilapia, serdangbedagai

RSI pastikan  ikan nila diolah dengan standar mutu

Processing Plant Manager RSI, Joko Suhendro (kiri) dan Kasan Mulyono menunjukkan ikan tilapia yang sudah diproses olah jadi filet di Serdangbedagai, Sumut, Kamis. (ANTARA/Evalisa Siregar)

Bahkan pengolahan ikan yang menjadi tinggal sekitar 47 ton dalam bentuk filet itu sudah memenuhi standar-standar tambahan yang berlaku internasional

Medan (ANTARA) - Manajemen Regal Springs Indonesia (RSI) memastikan pengolahan Ikan Tilapia di Lubuk Naga, Serdang Bedagai, Sumatera Utara sebanyak 110 - 115 ton ikan per hari sudah memenuhi semua peraturan lokal dan nasional Indonesia .

"Bahkan pengolahan ikan yang menjadi tinggal sekitar 47 ton dalam bentuk filet itu sudah memenuhi standar-standar tambahan yang berlaku internasional," ujar Processing Plant Manager RSI, Joko Suhendro di Serdangbedagai, Sumut, Kamis.

Baca juga: Petambak di Parigi Moutong beralih budi daya ikan nila

Menurut dia, dengan pengolahan yang memenuhi standar termasuk mengolah semua bagian Ikan Nila (Tilapia) itu, perusahaan yang beroperasi di Lubuk Naga, Serdangbedagai, memastikan "zero waste".

Sebagai usaha yang terintegrasi secara vertikal, perusahaan menjalankan model jaminan mutu dan cara pengolahan yang baik pada seluruh tahapan produksi.

Sisik ikan, misalnya diolah untuk dijual sebagai bahan kosmestik, kulit untuk dijadikan kerupuk dan bagian kepala dijual ke pasar dan limbah lainnya untuk bahan energi.

"Perusahaan juga mempekerjakan hampir 100 persen pekerja lokal," ujarnya yang didampingi External Affairs Senior Manager RSI, Kasan Mulyono.

Baca juga: Ansor Palu luncurkan budi daya perikanan berbasis komunitas

Jumlah pekerja yang mencapai 1.737 orang, 68 persen pria dan 32 persen perempuan

Joko menjelaskan, Ikan Nila yang diakui terterbaik di dunia, diangkut dalam keadaan hidup dari Danau Toba dan diolah dalam hitungan jam di pabrik Serdang Bedagai dengan tangan - tangan terampil dan mesin untuk memastikan kualitas.