Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah memperkuat peran Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dalam mengelola internet desa di daerah itu.
 
"Salah satu peran KIM di Kabupaten Sigi yaitu sebagai penyebar informasi yang akurat dan mendidik masyarakat. KIM harus mampu menjadi motor penggerak dalam penyebaran informasi yang benar dan mendidik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat, Sabtu.
 
Ia mengemukakan ke depan KIM di daerah ini harus mampu membuat komunikasi dan informasi di Kabupaten Sigi semakin baik dan efektif.
 
"Harapannya KIM ini dapat berfungsi maksimal dan menjadi garda terdepan dalam penyebaran informasi yang benar dan positif," ucapnya.
 
Kata dia, komunitas ini berperan aktif dalam membantu masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkan. "Tentunya KIM bisa menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas informasi," ujarnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulteng Sudaryano R. Lamangkona mengatakan KIM mampu memberikan akses serta cara mengelola informasi tanpa harus bergantung dengan pemerintah. "KIM ke depannya akan kita tugaskan untuk mengelola internet menuju desa digital," kata dia.
 
Ia menuturkan KIM di Kabupaten Sigi dapat menjadi model percontohan di Sulawesi Tengah. "Peran KIM ini sangat strategis dalam menyebarluaskan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat," sebutnya.

Pewarta : Moh Salam
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024